>

Kabar Baik!Kartu Prakerja Gelombang 17 Kemungkinan Dibuka, Ini Informasinya

  Senin, 29 Maret 2021   Icheiko Ramadhanty
Kartu Prakerja / Ist

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengumumkan bahwa total kuota untuk penerima Kartu Prakerja Semester I telah terpenuhi. Kuota tersebut yakni sebesar 2,7 juta orang.

Ditutupnya gelombang 16 pada minggu lalu, mengakhiri pembukaan gelombang Kartu Prakerja dengan anggaran yang telah dihabiskan sebanyak Rp 10 Triliun. Masih ada anggaran sebanyak Rp 10 Triliun lagi yang akan digunakan di semester II.

Namun, Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan bahwa terdapat opsi lain yang tengah direncanakan oleh pihaknya.

Rencana itu terkait adanya penambahan gelombang seperti yang dilakukan pada Kartu Prakerja tahun 2020. Gelombang tambahan tersebut didapat dari kuota pencabutan kepesertaan gelombang-gelombang sebelumnya.

"Kami masih memantau kemajuan para penerima Kartu Prakerja dalam membeli pelatihan pertama," ujar Louisa kepada Ayojakarta, Senin (29/3/2021).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak tercatat menjadi peserta Kartu Prakerja.

Apabila lewat dari batas tersebut dan penerima belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan penerima Kartu Prakerja akan dicabut dan dimasukkan ke dalam daftar hitam.

"Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan (setelah gelombang 16) untuk menampung ini," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar