>

Bukannya Kenyang, Konsumsi 7 Makanan Ini Justru Bikin Lapar Lagi

  Senin, 29 Maret 2021   Husnul Khatimah
Nasi putih (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Setiap manusia perlu makan untuk mendapatkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap bekerja. Namun sayangnya, beberapa makanan tidak membuat perut merasa kenyang dan malah membuat kita lapar dan menginginkan makan lagi.

Padahal, makan berlebihan akan menyebabkan banyak masalah kesehatan, yang utama adalah penambahan berat badan yang tidak sehat.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa membuat Anda lapar atau bahkan lebih lapar.

1. Roti putih

Kadang-kadang disebut 'roti sampah', roti tepung terigu memiliki sedikit nilai makanan. Mereka terbuat dari tepung putih dan lemak yang memberi lebih banyak kalori tetapi lebih sedikit kepuasan. Oleh karena itu, alih-alih roti putih besar, pilihlah produk gandum untuk sarapan.

2. Nasi putih

Nasi putih menaikkan gula darah dan menurunkannya. Akibatnya, Anda akan kembali merasa lapar. Alih-alih nasi putih, pilih nasi basmati atau beras merah karena tidak akan bereaksi seperti nasi putih, dan hindari nasi putih yang terlalu matang.

3. Pasta putih

Karena kurangnya serat pada pasta putih, bahkan setelah memakannya pun Anda bisa merasa lapar. Pasta putih adalah sumber karbohidrat terkonsentrasi, meningkatkan gula darah, diikuti dengan penurunan tidak lama kemudian.

4. Soda

Semakin banyak soda yang Anda minum semakin banyak kalori yang Anda peroleh. Karbondioksida dari soda, saat dikonsumsi, dilepaskan di perut, di mana reseptor kimiawi yang mendeteksi karbon dioksida menyebabkan sel-sel di bagian atas perut melepaskan ghrelin, yang menyebabkan rasa lapar. Soda mencegah Anda merasa kenyang, dan soda yang dicampur dengan gula membuat Anda mendambakan lebih banyak makanan manis, yang pasti buruk bagi kesehatan.

5. Sereal

Tidak semua sereal, tetapi jenis sereal dengan pemanis buatan dapat memengaruhi gula darah dan benar-benar membuat Anda lebih lapar. Para ahli mengatakan bahwa ini bisa jadi karena rasanya yang manis tanpa kalori. Jadi tubuh Anda akan membutuhkan kalori lalu membuat Anda lebih lapar.

6. Makanan penuh MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah penambah rasa yang ditemukan dalam makanan Cina, daging olahan, sup dan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MSG dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan.

7. Cokelat susu

Meskipun cokelat hitam itu sehat, cokelat susu dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam kadar gula darah Anda, menyebabkan lonjakan rasa lapar.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar