>

Sebanyak 4.184 RTLH di Kabupaten Bogor Bakal Dibenahi Tahun Ini

  Senin, 29 Maret 2021   Yogi Faisal
Sebanyak 4184 RTLH di Bogor Bakal Dibenahi Tahun Ini (Yogi Faisal/ AyoBogor)

CIBINONG, AYOJAKARTA.COM - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, berencana bakal merehabilitasi 4184 unit rumah tidak layak huni (RTLH) pada 2021 ini.

Sekretaris DPKPP Kabupaten Bogor Lestiana Irmawati mengatakan, penanganan 4184 unit RTLH tersebut, bakal dilakukan menggunakan anggaran dari berbagai sumber.

Mulai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor, bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, dan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Dari 4184 unit tersebut, 2000 diantaranya bakal dibangun menggunakan APBD Kabupaten Bogor, sementara 2000 RTLH lainnya bakal menggunakan bantuan Pemprov Jawa Barat 780 unit dan BSPS Kemen PUPR 1404 unit RTLH.

Untuk RTLH yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor, sambungnya, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp400 miliar, dengan alokasi Rp15 juta rupiah per-unit.

"Kalau dari APBD Kabupaten Bogor besarannya Rp15 juta per rumah. Sementara dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp17,5 juta per rumah dan dari program BSPS juga Rp17,5 juta," katanya Senin (29/3).

Kendati demikian, untuk bantuan dari Pemprov Jawa Barat dan BSPS, bakal diberikan dalam bentuk non-tunai. "Jadi nanti pemberiannya itu berupa barang dan bahan bangunan, yang akan diberikan langsung kepada penerimanya," tutupnya.

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar