>

Jelang Ramadan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Bogor Terpantau Aman

  Senin, 29 Maret 2021   Yogi Faisal
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Bogor Ganjar Gunawan / dok. Yogi Faisal

BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Bogor menyebut sejumlah harga bahan pokok jelang bulan Ramadan terpantau masih normal. Belum ada kenaikan harga yang signifikan.

"Sejauh ini belum ada lonjakan, untuk sembilan bahan pokok yang wajib dipantau Disperindag. Masih landai, masih normal," kata Kadisperindag Kota Bogor Ganjar Gunawan, Senin (29/3/2021).

Ganjar menambahkan, hanya ada kenaikan harga beberapa komuditi di wilayah Kota Bogor seperti cabai. Karena produksi cabai dipengaruhi oleh cuaca.

"Kemarin sempat ramai cabai, cabai ini kan didatangkan dari luar dari Jatim hasil survei kita. Di sana juga kalau cabe termasuk komoditi tergantung pada cuaca dan sebenarnya tidak masuk dalam area sembilan bahan pokok kalau cabai," jelas Ganjar.

Meski begitu, saat ini harga cabai sudah perlahan turun di angka Rp 105 ribu perkilogram. Dari sempat menyentuh harga tertinggi Rp 140 ribu kilogram.

"Tapi sekarang sudah mulai turun Rp 105 ribu di pasaran. Normalnya diangka Rp 70 ribuan itu cabai jablay ya. Terus telor sempet naik sekarang normal lagi kemudian ada info juga garam," ujarnya. 

Di sisi lain, untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok saat bulan Ramadhan atau jelang Hari Raya Idul Fitri, lanjut Ganjar, pihaknya akan menggelar operasi pasar. Nantinya, akan digelar di sejumlah titik yang memang membutuhkan.

"(Operasi pasar) pasti akan dilaksanakan mungkin saat Ramadhan satu minggu sebelum Hari Raya kita siapkan seperti tahun-tahun kemarin ada 3 atau 4 komoditi. Kita kerjasama dengan Camat," kata dia. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar