>

Konon Pernah Disinggahi Nabi Daud, Curug di Tasikmalaya Bikin Enteng Jodoh

  Selasa, 30 Maret 2021   Husnul Khatimah
Curug Dengdeng di Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim),

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Curug Dengdeng di Kampung Cirerese, Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, bukan hanya menyimpan keindahan alam dan curugnya yang mempunyai tiga tingkatan. Namun di curug yang menjadi andalan wisata Desa Tawang itu muncul dua mitos yang dipercaya oleh warga sekitar.

Mitos yang pertama yakni Curug Dengdeng pernah disinggahi Nabi Daud untuk berwudu sebelum melantunkan Azan. Karena keindahan suara lantunan Adzan Nabi Daud itu, seketika di sekiling curug menjadi lebih indah.

Berdasarkan mitos itu, saat ini masyarakat sekitar percaya jika berwudu di curug yang pertama akan mempunyai suara indah

“Iya itu mitos yang secara turun temurun dari orang tua dulu. Mitos itu sudah menjadi kepercayaan untuk warga di sini. Bahkan ada kolam berukuran besar dipercaya sebagai tapaknya Nabi Daud, makanya dinamai Kolam Daud “ kata Engkus Koswara pengelola curug Dengdeng, Senin (29/3/2021).

Mitos yang kedua, tentang pertarungan dua pangeran yakni Pangeran Jaya Laksana dan Jaya Nelangsa di tingkatan curug kedua. Mitosnya, siapa pun yang mandi di curug yang kedua akan diberikan kekuatan tinggi.

Mitos lainnya, kata Engkus, yakni tentang perjodohan. Orang yang belum menemukan jodohnya akan segera dimudahkan oleh Alloh jika berendam di Curug Dengdeng.

“Terlepas percaya atau tidak itu kembali ke masing-masing, tapi bagi masyarakat di sini itu sudah menjadi mitos yang turun temurun,” ujar Engkus.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar