>

Ini Besaran Tarif PTSL Kabupaten Bogor, Jangan Ada Pungli di Antara Kita!

  Selasa, 30 Maret 2021   Yogi Faisal
Kepala Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor Sepyo Achanto / Yogi Faisal

BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bogor dilanda sejumlah persoalan. Sebabnya, masyarakat yang hendak mengajukan permohonan PTSL mesti merogoh kocek yang cukup besar, padahal program tersebut dibiayai langsung oleh pemerintah.

Kepala Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bogor Sepyo Achanto menjelaskan, secara umum sertifikasi lahan melalui program PTSL dengan program reguler biasa memiliki sejumlah perbedaan.

"Kalau rutin itukan ada biaya pengukuran, biaya pemeriksaan tanah, biaya pendaftaran sertifikat tanah itu ada, itu namanya biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kalau PTSL nol biaya," katanya, Selasa (30/3/2021).

Sekalipun PTSL dikenakan biaya, itupun hanya sebatas biaya administrasi saja, dengan besaran Rp150 ribu untuk setiap PTSL sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri.

"Rp 150 ribu ini biasanya untuk persiapan pemberkasan. Jadi ada biaya yang mesti dikeluarkan, seperti biaya pemberkasan, pasang patok. Itu masuknya biaya pra atau persiapan yang menjadi kewajiban masyarakat," ucapnya.

Jika masyarakat mesti membayar biaya administrasi di atas Rp 500 ribu, hal tersebut tentunya tidak dibenarkan dan perlu dilaporkan ke pihak berwenang. 

"Janganlah ada sampai seperti itu. Inikan program yang baik dari pemerintah untuk masyarakat jadi janganlah ada penggelembungan biaya pengurusan. Apalagi biayanya diatas Rp150 ribu," ujarnya.

"Selama biayanya sesuai dengan aturan tidak masalah, tapi klo sudah keluar dan melebihi dari ketentuan, ini termasuk pungli," lanjut dia. 

Sekadar diketahui, pada 2021 ini, Kantor ATR BPN Kabupaten Bogor menargetkan dapat melakukan sertifikasi terhadap 90 ribu lahan melalui program PTSL ini.

"Semuanya sudah mulai berjalan, proses pengukuran sudah hampir 100 persen, mudah-mudahan bisa selesai semua dalam satu tahun anggaran ini," ujarnya. 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar