#AYO KARTU PRAKERJA: Cara Cek Lolos Seleksi Gelombang 16 & Daftar Gelombang 17

  Rabu, 31 Maret 2021   Eries Adlin
#AYO KARTU PRAKERJA: Cara Cek Lolos Seleksi Gelombang 16& Daftar Gelombang 17/prakerja.go.id

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Berikut ini artikel terkait dengan cara cek lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 16 dan cara daftar gelombang 17 yang sudah dilansir Ayojakarta:

KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengumumkan bahwa total kuota untuk penerima Kartu Prakerja Semester I telah terpenuhi. Kuota tersebut yakni sebesar 2,7 juta orang.

Ditutupnya gelombang 16 pada minggu lalu, mengakhiri pembukaan gelombang Kartu Prakerja dengan anggaran yang telah dihabiskan sebanyak Rp 10 Triliun. Masih ada anggaran sebanyak Rp 10 Triliun lagi yang akan digunakan di semester II.

Namun, Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan bahwa terdapat opsi lain yang tengah direncanakan oleh pihaknya. 

"Gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja," ujar Louisa kepada Ayojakarta, Rabu (31 Maret 2021).

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak tercatat menjadi peserta Kartu Prakerja.

Apabila lewat dari batas tersebut dan penerima belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan penerima Kartu Prakerja akan dicabut dan dimasukkan ke dalam daftar hitam

CARA CEK LOLOS KARTU PRAKERJA GELOMBANG 16

Program Kartu Prakerja telah memasuki Gelombang 16 dan gelombang ini telah ditutup pada Minggu 28 Maret 2021.

Usai penutupan gelombang 16, banyak yang bertanya-tanya apakah mereka lolos seleksi prakerja atau tidak?

Bagi anda yang sudah mendaftar namun belum mengecek apakah Anda lolos atau tidak pada gelombang 16 prakerja hendaknya segera mengeceknya.

Anda bisa mengecek apakah Anda lolos gelombang 16 kartu prakerja atau tidak dengan dua cara. Pertama dengan SMS, kedua dengan masuk ke laman resminya dan memeriksa dashboard milik Anda.

Untuk memeriksa dengan cara SMS, Anda akan mendapatkan SMS dari pihak terkait dan menyatakan Anda lolos. Nomor yang akan dihubungi adalah nomor yang Anda masukkan pada saat pendaftaran lalu. Jadi pastikan nomor tersebut masih aktif dan bisa dihubungi ya!

Anda juga bisa memeriksa status di dashboard setelah Anda login pada situs Kartu Prakerja. Anda tinggal log in di www.prakerja.go.id dengan menggunakan username dan password yang Anda miliki.

Setelah dinyatakan lolos dan menerima dana pelatihan, Anda wajib mengikuti rentetan kegiatan pelatihan yang diberikan.

Langkah membeli pelatihan. Pastikan di dashboard jika dana pelatihan sudah tersedia. Pilih pelatihan yang diberikan di beberapa platform (Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia). Pilih pelatihan yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan. Beli pelatihan dan bayarkan dengan Nomor Kartu Prakerja yang Anda miliki.

Anda diberikan batas waktu hingga 30 hari setelah menerima konfirmasi dari SMS atau dashboard untuk melakukan pelatihan Jika tidak dilaksanakan, maka kepesertaan Anda akan dicabut secara otomatis.

PELATIHAN FAVORIT DI PROGRAM KARTU PRAKERJA

Kartu Prakerja gelombang ke-16 telah ditutup. Ini merupakan bantuan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan keterampilan secara gratis.

Diharapkan, program tersebut dapat membantu para pekerja atau buruh yang dirumahkan, pencari kerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pada akhir program, para peserta akan mendapatkan segudang ilmu dan keterampilan baru yang dapat digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha. Dalam memfasilitasi hal tersebut, pemerintah bekerja dengan berbagai mitra pelatihan, salah satunya adalah STUDiLMU.

STUDiLMU merupakan penyelenggara kursus online berlangganan pertama di Indonesia, yang menjadi salah satu mitra pemerintah sebagai lembaga pelatihan resmi Kartu Prakerja

Kursus online ini menyediakan ribuan kursus dalam berbagai bidang dengan instruktur yang berpengalaman yang bisa dilakukan di website dan di aplikasi STUDiLMU yang dapat diunduh melalui Apple App Store dan Google Play Store.

Bingung mau mengikuti pelatihan apa? Yuk, simak di bawah ini lima jenis kelas pelatihan Kartu Prakerja paling diminati yang peserta dapat pilih di STUDiLMU jika lolos seleksi!

1. Pelatihan Pemilik Usaha Kecil

Banyak dari peserta Kartu Prakerja merupakan pemilik dari usaha-usaha kecil. Namun, banyak dari mereka yang masih merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya. Jika kamu adalah salah satunya, kelas ini adalah pilihan tepat untukmu!

Di kelas ini, para peserta akan diajarkan untuk meningkatkan penjualan, berbagai strategi pemasaran digital, cara membuat database, dan lainnya. Penjualan dari usaha kecilmu dijamin akan meningkat dan bisnismu akan berkembang.

2.Cara Ampuh Mendapatkan Penghasilan Saat Krisis

Di masa-masa sulit menghadapi krisis, tentu peserta mencoba untuk mencari peluang usaha yang bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Pada pelatihan ini, peserta prakerja akan mendapatkan informasi terkait jenis-jenis usaha yang dilakukan untuk memperoleh penghasilan di saat krisis. Jika kamu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan di masa krisis seperti ini, kelas ini akan sangat membantu!

3.Kiat Sukses Dalam Dunia Kerja

Kelas ini sangat cocok untuk peserta yang baru saja hendak memulai karirnya dan masuk ke dunia kerja. Keterampilan yang didapatkan pun akan berhubungan dengan dasar-dasar bekerja, seperti menimbang dan menakar sebuah masalah, bekerja di dalam tim, hingga berbagai kiat-kiat sukses.

Eits, jangan salah, kelas ini juga bisa diikuti oleh peserta yang telah bekerja. Dengan mengikuti kelas ini, para peserta yang bekerja dapat mengasah keterampilan mereka lebih dalam dan diaplikasikan di pekerjaan mereka sehari-hari.

4. Kepuasan Pelanggan (Customer Service)

Kelas customer service merupakan kelas yang tepat bagi peserta yang sering berinteraksi dengan pelanggan, seperti call center, pramuniaga toko, karyawan bank, dan lainnya.

Dengan mengikuti kelas ini, peserta akan mempelajari berbagai teknik pelayanan pelanggan terbaik, mengetahui taraf-taraf kepuasan pelanggan, dan lain-lain.

Setelah mengikuti kelas ini, dijamin peserta akan dengan mudah menguasai pekerjaan sebagai customer service dan menimbulkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.

5. Digital Marketing

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita hidup di era digital marketing. Namun, pemanfaatan media digital sebagai saluran baru marketing tidaklah semudah membuat akun sosial media yang gratis dan tak terbatas pilihannya.

Jika kamu adalah salah satu peserta yang ingin mendalami pelatihan di bidang Marketing dan Service, kelas ini adalah pilihan tepat untukmu! Di kelas ini, para peserta akan diajarkan untuk pentingnya terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi guna mengimbangi perubahan zaman.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar