>

Buat yang Lagi Cari Beasiswa, Pertamina Foundation Buka Tuh! Begini Tahapan Seleksinya

  Kamis, 01 April 2021   Icheiko Ramadhanty
dok. Pertamina Foundation

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pertamina Foundation kembali membuka program beasiswa PFprestasi. Tahun ini, jumlah kuota penerima ditingkatkan, tidak hanya dari program S1 Reguler melainkan juga program Afirmasi dan Vokasi.

Beasiswa Pertamina Afirmasi diberikan pada mahasiswa S1 khusus pada wilayah daerah operasi PT Pertamina (Persero). Sementara Beasiswa Pertamina Vokasi terbuka bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan diploma di perguruan tinggi mitra.

Beasiswa ini secara serentak dibuka pendaftaran pada 29 Maret 2021 di 36 kampus mitra yang tersebar di seluruh Indonesia. Target beasiswa ini sejumlah 350 mahasiswa terjaring, yang diharapkan mendapat beasiswa Pertamina 2021 ini.

Adapun keseluruhan proses seleksi beasiswa dilakukan secara daring.

"Rangkaian kegiatan seleksi dilakukan secara digital, meliputi sosialisasi dan publikasi, pendaftaran, seleksi administrasi, wawancara, serta daftar ulang," tulis Pertamina dalam keterangan resmi yang diterima Ayojakarta, Kamis (1/4/2021).

Bagi mereka yang memenuhi syarat, dapat melakukan pendaftaran secara langsung melalui di website beasiswa.pertaminafoundation.org

Setelah pendaftaran, seluruh tahapan seleksi akan diinformasikan melalui website, media sosial dan email pendaftar beasiswa.

Seleksi wawancara nantinya akan berjalan dengan kombinasi materi pengetahuan umum, pengalaman peduli lingkungan, aktivitas organsasi dan juga penilaian karya tulis dilakukan juri profesional.

Dalam beasiswa ini, kriteria peserta tidak hanya dinilai berdasarkan nilai akademik, tetapi juga prestasi non-akademik, serta pengalaman berorganisasi akan diberikan bobot penilaian yang tinggi. 

Lolos seleksi interview, peserta wajib daftar ulang dan melengkapi berkas juga menandatangani perjanjian. Setelah seluruh rangkaian tahapan seleksi ditempuh, penyaluran beasiswa dibayarkan kepada peserta terpilih. 

Komponen bantuan meliputi biaya pendidikan, biaya hidup per bulan, stimulan dana untuk kegiatan aksi sobat bumi, dan berpartisipasi dalam kegiatan capacity building dengan materi tentang leadership dan keterampilan sociopreneur. 

Untuk semua proses tersebut, calon penerima beasiswa tidak dikenakan biaya atau gratis. Kegiatan capacity building dikemas dalam serial webinar menghadirkan narasumber yang kompeten, dari akademisi, praktisi, profesional, tokoh muda sukses dan juga selebgram yang kuat memberikan motivasi. 

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar