>

Cara Perpanjang SIM Online: Sabar, Situsnya Dalam Perbaikan Kan Mau Di-launching 12 April

  Senin, 05 April 2021   Eries Adlin
Cara Perpanjang SIM Online: Sabar, Situsnya Dalam Perbaikan Kan Mau Di-launching 12 April (ilustrasi)/ayobandung

 

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Mabes Polri sudah mencanangkan bahwa untuk masyarakat yang hendak bikin atau perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C bisa melalukan secara online atau daring. Menurut rencana, Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan merilis program tersebut pada 12 April 2021.

Ayojakarta yang mengunjungi laman sim.korlantas.polri.go.id, Senin pagi 5 April 2021mendapati situs tersebut masih dalam perbaikan. Hal itu agaknya sejalan dengan penjelasan petinggi Polri bahwa persiapan teknis dan aplikasi agar masyarakat bisa bikin SIM atau memperpanjang SIM secara online terus dilakukan.

Dikutip dari situs resmi sim.korlantas.polri.go.id, langkah-langkah pendaftaran SIM online ternyata gak ribet loh. Hanya mengisi data diri dan melengkapi data yang tertera, pendaftaran sudah dapat diterima.

Setelah berhasil membuka website resmi Polri, masyarakat dapat mengikuti panduan untuk melakukan pendaftaran SIM baru atau pun perpanjangan SIM.

Berikut cara melakukan pendaftaran SIM online:

1. Pilih menu 'Pendaftaran SIM Online'.

2. Tekan tombol 'Mulai' untuk memulai pendaftaran.

3. Setelah itu akan muncul menu 'Data Permohonan' dan pemohon bisa memilih apakah akan mencari SIM baru atau perpanjangan.

4. Kemudian pemohon bisa mulai mengisi dan melengkapi data yang diperlukan. Pada menu ini, pemohon mengisi data di antaranya jenis permohonan, golongan SIM, Polda kedatangan, Satpas kedatangan untuk ujian, memilih metode pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM.

5. Pemohon juga harus mengisi data keadaan darurat yang dapat dihubungi. Selain itu, tersedia pula data validasi yang harus mencantumkan nama ibu kandung.

6. Isi seluruh data yang dibutuhkan dan pastikan data yang dimasukan sudah benar, setelah itu tekan tombol 'lanjut'.

7. Nantinya akan muncul menu konfirmasi data input sesuai data yang dimasukan pada proses cara membuat SIM online sebelumnya.

8. Pada menu ini, pemohon bisa memilih tanggal kedatangan ke kantor Satpas sesuai waktu yang diinginkan. Untuk pemohon perpanjangan SIM, jangan memilih tanggal kedatangan melebihi masa berlaku SIM.

9. Kemudian, isi kode verifikasi lalu tekan tombol 'kirim'.

10. Setelah mengikuti cara membuat SIM online, akan muncul tampilan sukses registrasi, lalu tekan 'Ok' dan proses di aplikasi SIM online sudah selesai.

11. Kemudian, pemohon akan mendapat email otomatis yang menandakan bahwa registrasi SIM online berhasil. Dalam email tersebut juga tercantum nomor registrasi dan total biaya yang harus dibayarkan untuk pembuatan SIM online.

12. Setelah mendapatkan rincian biaya SIM online, lalu pomohon melakukan pembayaran melalui ATM atau teller BRI yang ada di seluruh Indonesia.

13. Setelah selesai melakukan pembayaran, pemohon bisa langsung datang ke kantor Satpas yang telah dipilih saat registrasi. Pemohon harus datang sesuai dengan tanggal yang sudah dipilih saat pendaftaran online, serta membawa identitas diri (KTP) dan surat keterangan sehat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar