Kartu Prakerja: Cari Tahu Penyebab Kamu Tak Pernah Lolos Seleksi di Sini!

  Senin, 05 April 2021   Husnul Khatimah
Kartu Prakerja

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Program Kartu Prakerja diminati banyak orang. Tak heran program ini selain memberikan insentif juga memberikan keterampilan dalm bentuk pelatihan yang tentunya bermanfaat bagi peserta.

Sejak diluncurkannya gelombang pertama prakerja hingga gelombang 16 banyak yang sudah lolos dan tak sedikit pula yang tidak lolos seleksi. Bahkan diantara mereka ada yang berulangkali mencoba mendaftar namun tetap tidak lolos.

Tidak sedikit pula diantara mereka yang tidak lolos seleksi bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab mereka tidak lolos. Melalui salah satu kolom komentar akun resmi Instagram Prakerja menyampaikan bahwa penyebab tidak lolos seleksi bisa dilihat melalui dashboard akun pendaftar prakerja.

"Saat ini pada dashboard terdapat tab Riwayat Gelombang. Mohon dpt dicek tab tersebut untuk mengetahui alasan kamu tidak lolos seleksi, ya. Terima kasih," tulisnya yang dikutip ayojakarta.com belum lama ini.

Pengumuman terkait lolos atau tidaknya peserta pada dapat dilihat di dashboard masing-masing pada laman prakerja.go.id.  Beberapa peserta sudah dapat melihat hasil dari aplikasi mereka terhadap seleksi Kartu Prakerja.

Bagi peserta yang tidak lolos, akan tertulis 'Maaf Anda Gagal'. Namun jika lolos, peserta akan diarahkan untuk memverifikasi nomor rekening atau e-wallet. Selanjutnya, peserta kartu prakerja hanya tinggal menunggu hingga mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo sebesar Rp 1 juta yang tertera pada dashboard.

Setelah mendapatkan nomor dan saldo, para peserta kartu prakerja juga diimbau agar segera membeli pelatihan pertama yang disediakan pada 7 mitra kerjasama Kartu Prakerja.

Para peserta dibebaskan dalam memilih pelatihan, baik menurut skill atau minat masing-masing. Peserta kartu prakerja diwajibkan membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari, terhitung sejak masuknya nomor Kartu Prakerja dan saldo.

Jika melebihi tenggat waktu yang diberikan, status kepesertaan akan dicabut. Pencabutan peserta kartu prakerja sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapatkan SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Bagi peserta yang statusnya dicabut, tidak bisa mengikuti seleksi Kartu Prakerja di kemudian hari. Selain itu, mereka juga akan dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar