>

Surat Edaran Larangan Mudik Tinggal Tunggu Rapat Lintas Menteri

  Selasa, 06 April 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Masyarakat tengah dinantikan oleh pengumuman terkait Surat Edaran (SE) larangan mudik 2021. Hal ini menjadi sangat penting setelah Menteri Koordinator Bidang PMK Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah melarang adanya mudik atau pulang kampung di tahun 2021.

Bahkan, Muhadjir menyebut larangan tersebut berlaku untuk seluruh masyarakat Indonesia. Mereka yang dilarang termasuk aparatur sipil negara, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, dan pekerja mandiri.

SE tersebut sempat dikabarkan akan keluar pada Senin, (5/3/2021). Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menampik hal tersebut.

“Harusnya hari ini, (5/3/2021). Tapi ternyata masih ada satu kali lagi rapat koordinasi lintas menteri,” ujar Adita Irawati, Juru Bicara Kemenhub saat dimintai keterangan oleh Ayojakarta, Senin (5/3/2021).

Ayojakarta mencoba kembali meminta informasi mengenai kapan rapat tersebut akan digelar. Namun, Adita mengatakan belum dapat memastikan kapan rapat lintas menteri terselenggara.

"Belum tahu," katanya, Selasa (6/3/2021).

Adapun, pemerintah dalam pernyataannya melarang mudik pada 6-17 Mei 2021. Sebelum dan sesudah tanggal itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah, kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu.

Pernyataan Muhadjir itu berbanding terbalik dengan pernyataan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan rapat kerja bersama Komisi V DPR RI pada Selasa (16/3/2021). Pada saat itu, Budi mengatakan pemerintah memperbolehkan adanya kegiatan mudik namun tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar