>

PREMAN PENSIUN 5 di RCTI: Sinetron tentang Kang Bahar & Kang Mus Ini Sempat dapat Peringatan dari KPI

  Jumat, 09 April 2021   Eries Adlin
PREMAN PENSIUN 5 di RCTI: Sinetron tentang Kang Bahar & Kang Mus Ini Sempat dapat Peringatan dari KPI/instagram mncp_premanpensiun.rcti

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Sinetron Preman Pensiun 5 segera tayang di RCTI mulai 13 April 2021 pukul 04.00 WIB. Kisah tentang para preman di Kota Bandung ini memang selalu mengisi Ramadan dan ditunggu banyak penggemarnya sejak 2015.

Dari cuplikan video Preman Pensiun 5 yang beredar, Muslihat alias Kang Mus yang diperankan oleh Epy Kusnandar berhasil mengelola bisnis kecimpring, cemilan khas Jawa Barat, dengan dibantu oleh Ujang, mantan anak buahnya.

Selain itu, muncul juga tokoh yang mencuri perhatian pada Preman Pensiun 4 yakni Willy yang dikisahkan masih bergelut dengan dunia preman. Persona lain yang kuat dari sinetron ini yakni pentolah copet, Saep, juga akan eksis di serial Preman Pensiun 5.

Pada akhir video, terlihat Kang Mus dan rekan-rekannya memandang Masjid Raya Bandung. Dia berkata, “Kalau (gajah) mati meninggalkan gading, masa saya mati enggak meninggalkan apa-apa.” Tak lama muncul adegan Kang Mus melaksanakan shalat di masjid.

PERINGATAN KPI PUSAT

Meski begitu, ketika pertama kali muncul, sinetron Preman Pensiun sempat mendapatkan peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.

KPI menilai sinetron Preman Pensiun tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongna program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Begini bunyi lengkap peringatan yang pernah ditayangkan oleh KPI Pusat melalui surat No. 440/K/KPI/04/15 tertanggal 23 April 2015 untuk program siaran sinetron Preman Pensiun dan RCTI:

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) berdasarkan kewenangan menurut Undang-Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran), pengaduan masyarakat, pemantauan, dan hasil analisis menilai Program Siaran "Preman Pensiun" yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 1 April 2015 pukul 17.18 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja serta penggolongna program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Program Tersebut menayangkan adegan menjambak dengan penyamaran (blur) yang tidak sempurna. Kami juga menemukan adegan-adegan serupa pada program saudara yang ditayangkan tanggal 4, 5, 11, 14, dan 15 April 2015. KPI Pusat menilai adegan tersebut tidak pantas untuk ditayangkan karena berpotensi ditiru oleh anak-anak dan remaja yang menonton acara tersebut.

Berdasarkan catatan KPI Pusat, program saudara juga telah mendapatkan surat Peringatan No: 138/K/KPI/02/15 tertanggal 20 Februari 2015 atas adegan serupa dan meminta saudara agar tidak menayangkan adegan tersebut kembali ditayangkan. Maka kami memutuskan untuk kembali memberikan peringatan agar saudara meningkatkan fungsi quality control sehingga muatan-muatan tersebut tidak lagi ditayangkan, baik pada program yang sama maupun pada program lainnya.

Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.

NEXT GENERATION

Beberapa waktu lalu, sutradara dan bintang sinetron Preman Pensiun 5 yang memiliki latar cerita tentang perjalanan hidup para pensiunan preman di Kota Bandung tampil dalam live talk melalui aplikasi Klaklik.

Live talk yang berlangsung pada 12 Maret 2021 ini menghadirkan Epy Kusnandar yang memerankan Kang Mus, Denny Firdaus (Murad), dan Aris Nugraha selaku Sutradara sekaligus penulis serial Preman Pensiun. Dalam bincang-bincang di aplikasi Klaklik ini, Aris Nugraha memberikan sedikit bocoran perihal Serial Preman Pensiun 5 yang akan segera tayang di RCTI.

Pria yang sering disapa Kang Aris ini mengatakan jika Preman Pensiun musim ke-5 akan berbeda dari musim-musim sebelumnya. Jika dalam musim pertama hingga ke-3 Preman Pensiun menceritakan perjalanan cerita preman preman tua yang mulai pensiun serta sisi humorisnya para preman, musim ke-5 akan menghadirkan jalan cerita yang lebih fresh.

Aris menambahkan bahwa Preman Pensiun 5 ini merupakan lanjutan dari akhir cerita Preman Pensiun musim ke-3. Kang Aris selaku penulis mengutip kata-kata kang Mus pada episode 38 Preman Pensiun 3: “Bisnis ini ada, jauh sebelum dari Kang Bahar masuk di dalamnya. Dan masih tetap akan ada setelah kita jauh meninggalkannya.

Sang penulis pun menyimpulkan bahwa Preman Pensiun 5 ini merupakan Preman Pensiun ‘next generation’.

Sinetron Preman Pensiun 5 akan tayang di RCTI mulai 13 April 2021 setiap pukul 04.00 WIB. Seperti biasanya, jadwal sinetron yang ngetop setiap Ramadan tayang menemani waktu sahur.

Berikut ini sedikit bocoran yang disampaikan instragram resmi sinetron Preman Pensiun 5, mncp_premanpensiun.rcti:

Muslihat merasa sudah terlalu tua untuk tetap memimpin usaha kicimpringnya, kemudian menyerahkannya pada Ujang. Ujang sebetulnya tidak siap, tapi masalahnya, siap tidak siap, Ujang harus siap.

Ujang kemudian kemudian bergantung pada Serena untuk urusan promosi dan penjualan, karena Ujang ganya mengerti soal produksi. Masalah berikutnya muncul karena Serena memendam rasa pada Ujang yang tidak diketahuinya sudah punya istri dan anak.

COMING SOON! Preman Pensiun Session 5 Tayang Perdana 13 April Pukul 04:00 WIB hanya di @officialrcti

Yang masih merasa digantung dengan akhir cerita #PremanPensiun4 wajib hukumnya buat nonton.

Lalu, bagaimana dengan Kang Pipit yang bernama asli Ica Naga? Pesinetron ini meninggal pada 29 Januari 2021.

Menurut informasi yang diterima Ayojakarta, Kang Pipit akan tampil dalam beberapa episode saja.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar