>

Meninggal di Usia 99 Tahun, Ini 4 Riwayat Sakit Pangeran Philip

  Sabtu, 10 April 2021   Firda Puri Agustine
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth dari Inggris berfoto bersama dekat Kapela Windsor pada Oktober 2018. [AFP/Alastair Grant]

LONDON, AYOJAKARTA.COM - Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris, yang baru saja kehilangan salah satu anggotanya, yaitu Pangeran Philip, yang mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 11 April 2021.

Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun, setelah hampir satu dekade lamanya ia keluar masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, akibat penyakit jantung yang menyerangnya.

Namun ternyata bukan hanya penyakit jantung yang dideritanya, Pangeran Philips juga memiliki beberapa riwayat penyakit yang semakin memperparah keadaanya.

Seperti yang diwartakan Insider, Sabtu (10/4/2021), berikut perjalanan kesehatan Pangeran Philip sebelum meninggal dunia.

1. Menjalani operasi pasang ring di Jantung

Pada 2011, atau tepatnya saat Pangeran Philip berusia 90 tahun, ia menghabiskan waktu selama empat hari di rumah sakit usai mengalami nyeri di dadanya.

Pada periode itu, salah satu arteri koronernya harus dipasang stent atau ring untuk mengurangi sumbatan darah di pembuluh darah jantungnya. Prosedur dilakukan di RS Papworth Cambridgeshire di malam Natal 2011.

2. Mengalami infeksi kandung kemih

Pangeran Philip yang dikenal sebagai Duke of Edinburgh itu juga sempat mengalami infeksi kandung kemih, yang membuatnya harus rela melewatkan perayaan Ratu Diamond Jubilee pada 2012 dan pembukaan Paralimpiade 2012 yang tidak bisa ia datangi.

Infeksi kandung kemih adalah penyakit yang menyerang kandung kemih. Biasanya ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil.

Namun ternyata penyakit ini lebih banyak menyerang perempuan dibanding lelaki, dan jadi keluhan umum yang paling sering terjadi.

3. Operasi eksplorasi di perut

Operasi ini disebut dengan laparotomi eksplorasi dengan bantuan bius total atau sebagian. Kemudian dokter akan melakukan sayatan di perut untuk memeriksa organ-organ di dalamnya.

Pangeran Philip harus menghabiskan waktu selama 11 hari di rumah sakit untuk menjalani operasi tersebut di 2013.

4. Beberapa kali dirawat akibat kondisi tubuh drop

Usia yang tidak muda lagi membuat Pangeran Philip juga sempat keluar masuk rumah sakit, khususnya di tahun 2017 dan 2019. Ia beberapa kali dirawat akibat kondisi tubuh yang drop, sebab banyaknya penyakit yang menggerogoti kesehatannya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar