>

Rahasia Lolos Kampus Negeri dari Gubernur DKI Jakarta, Yuk Disimak!

  Senin, 12 April 2021   Icheiko Ramadhanty
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Webinar Tryout Pejuang PTN yang digelar Mahasiswa UNY dan Komunitas SEVIMA

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Lolos perguruan tinggi negeri (PTN) adalah mimpi banyak calon mahasiswa. Namun, untuk bisa masuk ke PTN, calon mahasiswa harus melalui berbagai macam proses seleksi masuk perguruan tinggi. Salah satunya melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Seiring dimulainya UTBK-SBMPTN 2021 pada Senin (12/04), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga alumni Universitas Gadjah Mada, membagikan strategi jitu lolos PTN. Strategi ini ia bagikan kepada ribuan peserta Seminar Nasional Tryout Pejuang PTN yang digelar Mahasiswa UNY dan Komunitas SEVIMA.

“Setiap kesuksesan pasti membutuhkan suatu pengorbanan. Tak terkecuali perjuangan masuk PTN. Agar Anda bisa mencapainya, maka Anda harus menyiapkan strategi yang kuat,” terang Anies kepada ribuan peserta Tryout melalui Zoom Meeting, pada Senin (12/4/2021).

Agar seorang pelajar bisa mencapai titik kesuksesan, Anies berpesan bahwa calon mahasiswa harus bisa memanfaatkan segala hal positif yang bisa mereka lakukan. Sehingga belajar dapat dilakukan calon mahasiswa di mana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu sebagai strategi pertama, menurut Anies, calon mahasiswa tak boleh lelah belajar. Terlebih, belajar tidak hanya sesempit menghadapi buku dan belajar materi ujian. Dia mengatakan calon mahasiswa juga belajar berjejaring, belajar mengasah skill, dan belajar berorganisasi.

“Anda bisa memilih melakukan apa saja, tapi anda memilih untuk pembelajar. Jadilah pembelajar yang selalu memanfaatkan kesempatan belajar. Dengan mengambil kesempatan belajar, kesuksesan akan Anda temukan di kemudian hari,” saran Anies.

Belajar juga bisa menggunakan beragam medium. Termasuk melalui fasilitas Teknologi Informasi layaknya internet dan media sosial yang saat ini sudah akrab digunakan para calon mahasiswa. Di internet, katanya, calon mahasiswa bisa mendapatkan bahan ajar dan ilmu yang luar biasa banyak.

Untuk menyukseskan strategi ini, Anies juga berpesan bahwa  jika calon mahasiswa ingin sukses dalam mengerjakan UTBK-SBMPTN, calon mahasiswa harus fokus dan mengurangi bermain handphone dan social media.

“Alat dan metode dalam belajar mengerjakan soal boleh berubah, tapi semangat dalam diri Anda tidak boleh berubah. Jadi gunakan internet dengan bijaksana, karena hasil yang maksimal tidak bisa dilakukan secara instan. Seorang yang sukses harus butuh effort yang maksimal,” ungkap Anies.

 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar