>

Daftar Harga 6 Tanaman Hias Termahal di Dunia, Janda Bolong Berapa?

  Selasa, 13 April 2021   Firda Puri Agustine
Monstera atau dikenal juga janda bolong / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Bagi kamu pecinta tanaman hias, pasti tak asing dengan monstera atau populer disebut janda bolong. 

Tanaman ini ternyata masuk dalam daftar tanaman termahal di dunia karena harganya bisa mencapai puluhan juta. 

Selain monstera, ada juga beberapa jenis tanaman hias yang memiliki harga fantastis, berikut daftarnya seperti dilansir The Spurce, Selasa, 13 April 2021. 

1. Ketapang Biola

Tanaman hias bernama latin ficus lyrata ini memiliki keistimewaan karena mampu tumbuh hampir setinggi 50 kaki di hutan hujan tropis, dan 10 kaki di kondisi dalam ruangan yang tepat.  Dedaunannya yang cantik banyak dicintai oleh desainer interior, dan telah menjadi tanaman mahal dalam dekade terakhir. 

Permintaan yang naik mendorong harga tanaman ini juga semakin mahal. Tanaman dengan nama lain fiddle leaf fig ini dijual mulai dari US$80-US$300 atau sekitar Rp 1,1-4,2 jutaan. 

Tanaman daun rebab ini juga sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau yang terlalu berangin, juga tidak merespons dengan baik jika tidak memiliki cukup sinar matahari.

2. Monstera

Jenis tanaman monstera memang beraneka ragam. Rata-rata tanaman yang populer di kawasan Selandia Baru dan Asia termasuk Indonesia ini memiliki harga yang tinggi untuk berbagai jenisnya.

Misalnya monstera deliciosa yang dijual hingga US$5.000 atau Rp70,3 jutaan. Sementara monstera adansonii langka atau janda bolong dijual seharga US$700 atau sekitar Rp9,8 jutaan, dan monstera aurea dijual hingga US$3.726 atau Rp52,4 jutaan. Namun, untuk monstera varietas hijau normal dijual mulai dari Rp50.000-an. 

3. Hoya carnosa 'compacta'

Tanaman lain dengan variasinya yang unik ialah Hoya carnosa compacta seharga US$6.500 atau sekitar Rp91,5 jutaan.  Tanaman ini tumbuh cantik dengan warna kuning krem di bagian dalam daun.

4. Philodendron Minima

Nama umum untuk Rhaphidophora Tetrasperma tropis adalah Philodendron Minima.  Ia juga dikenal sebagai 'Mini Monstera' atau 'Piccolo.' Spesimen inu beraneka ragam dan cukup langka, hingga dijual pada Agustus 2020 mencapai US$8.150 atau sekitar Rp114,7 jutaan.

Hal lain yang mengejutkan adalah, bahwa dengan harga itu, mereka hanya menjual minima kecil dengan empat daun. Tanaman itu juga dijual sederhana dalam pot plastik hitam enam inci. 

5. Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke sepenuhnya buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja keras untuk membudidayakan bunga ini. Saat mekar, bunga langka ini begitu mempesona indra dengan estetika dan keharuman tertentu, yang akan dialami oleh beberapa orang. Spesiesnya dilelang hingga US$200.000 atau sekitar Rp2,8 miliar!

6. Old Pine Bonsai

Pohon bonsai memang sering menarik perhatian pecinta tanaman yang mencari spesimen dalam ruangan yang unik. Pinus putih merupakan salah satu jenis bonsai termahal karena berusia berabad-abad. Bonsai satu ini ditaksir seharga US$50 hingga US$1.3 miliar atau setara dengan Rp702.175 hingga Rp 18,2 miliar.

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar