>

Kuliner Ramadan: 5 Makanan Ini Lebih Nikmat Disantap Saat Buka Puasa

  Selasa, 13 April 2021   Husnul Khatimah
Es blewah (YouTube)

TEBET, AYOJAKARTA -- Bulan Ramadan, sangat erat kaitannya dengan suguhan berbagai jenis makanan yang hanya cocok Anda nikmati selama bulan puasa. Baik itu makanan atau minuman, banyak menu-menu wajib dan harus Anda santap setiap berbuka puasa.

Biasanya, penjajal makanan dam minuman tersebut bertebaran di pinggir jalan setiap sorenya, untuk menjajakan berbagai makanan khas Ramadan sebagai teman untuk berbuka puasa. 

Namun, Ramadan kali ini terasa sedikit berbeda. Banyak dari kita semua yang tidak bisa lagi merasakan sensasi 'jajan' makanan khas Ramadan karena virus corona yang tiba-tiba saja mewabah di Indonesia beberapa bulan lalu. 

Tapi jangan khawatir, Ayobandung.com telah menyiapkan lima pilihan menu berbuka puasa yang bisa kamu coba:   

1. Kurma
Saat Ramadan, buah yang berasal dari Timur Tengah ini sangat marak dijual mulai dari kaki lima hingga supermarket. Rasa buahnya yang manis namun rendah kalori sangat baik sebagai menu awal berbuka puasa untuk mengatasi rasa lemas setelah seharian menahan makan dan minum. 

Selain itu, sifat antioksidannya yang tinggi dapat membantu sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. 

2. Kolak
Siapa yang tidak suka kolak? Makanan yang satu ini sangat banyak dijual para pedagang sebagai takjil. Salah satu kolak yang paling digemari adalah kolak pisang dan candil. 

Tapi jika kamu tidak suka kedua menu kolak itu, isi kolak pun bisa diganti sesuai selera seperti ubi jalar, durian, labu kuning, kolang kaling, dan bisa dikombinasikan dengan roti tawar. 

3. Kolang Kaling 
Tentu kamu sudah familiar bukan dengan makanan yang satu ini. Makanan yang berasal dari biji aren itu akan banyak ditemui saat momen puasa.  Selain sebagai campuran es buah, kolang-kaling juga bisa kamu nikmati sebagai camilan. Jika kamu mengalami gangguan pencernaan saat puasa, kamu bisa mengonsumsi kolang-kaling untuk mengatasinya karena kolang kaling mengadung serat. 

4. Es Timun Suri 
Setelah puasa seharian, kamu pasti ingin berbuka dengan minuman yang segar-segar. Dari beragam menu minuman es yang ditawarkan saat Ramadan, salah satu es yang menjadi pilihan banyak orang adalah es buah timun suri. 

Es ikonik ini pun cukup mudah dibuat sendiri di rumah. Kamu hanya membutuhkan sebuah timun suri, es batu, dan sirup. Setelah timunnya dikeluarkan, kamu tinggal menambahkan sirup dan es batu sesuai selera. Cukup mudah bukan? 

5. Es Blewah 
Minuman khas Ramadan yang menyegarkan ini adalah minuman yang banyak dibuat oleh setiap keluarga di Indonesia saat berpuasa.

Es Blewah juga tentunya bisa membuat orang-orang yang meminumnya di kala buka puasa merasa segar setelah seharian berpuasa.  

Es blewah adalah minuman perpaduan antara air, es, blewah dan pemanis yang membuat minuman ini terasa segar dan manis.  Tentunya minuman es blewah ini termasuk minuman yang sehat karena kandungan dari nutrisi, mineral kalium dan provitamin A yang ada di dalam buah blewah tersebut. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar