>

Jokowi Tetapkan Aturan Cuti Bersama ASN, Hanya 2 Hari

  Rabu, 14 April 2021   Aini Tartinia
Presiden Jokowi (setkab.go.id)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengesahkan peraturan tentang cuti bersama pagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peraturan tersebut terkandung dalam Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Cuti Bersama Bagi Pegawai ASN yang disahkan pada 9 April 2021. Dalam keputusan tersebut membahas tentang cuti bersama di dua hari besar keagamaan, yakni Idul Fitri dan Natal.

Cuti bersama Idul Fitri jatuh pada Rabu 12 Mei 2021, sedangkan untuk cuti bersama Natal jatuh pada Jumat 24 Desember 2021.

"Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum kesatuan, tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai Aparatur Sipil Negara " tulis diktum kedua, dikutip Ayojakarta pada Rabu, 14 April 2021.

Sebelumnya pemerintah telah menyepakati hal tersebut yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama tahun 2021 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Senin 22 Februari 2021 lalu.

"Dalam SKB sebelumnya terdapat 7 hari cuti bersama. Setelah dilakukan peninjauan kembali, maka cuti bersama dikurangi dari semula 7 hari menjadi hanya tinggal 2 hari saja" ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, alasan pengurangan libur cuti bersama tahun 2021 tersebut juga karena melihat kurva peningkatan Covid-19 belum melandai. Potensi peningkatan kasus saat libur menjadi hal yang diantisipasi dalam pemangkasan cuti bersama.

"Sehabis libur panjang, ada kecenderungan kasus Covid-19 mengalami peningkatan. Mobilitas masyarakat cenderung naik. Sementara itu program vaksinasi sedang berjalan," ujarnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar