--> -->

BST Sudah Cair Lho, Kali Ini Dirapel 2 Bulan Jadi Rp 600 Ribu! Coba Cek Kamu Dapat Nggak?

  Kamis, 15 April 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi bansos tunai / dok. Ekoanug - Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA -- Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300.000 per bulan periode Maret dan April 2021 sedang dalam tahap pendistribusian.

Nantinya, jumlah uang yang diterima adalah sebesar Rp 600.000 karena digabung antara BST periode Maret dan April 2021. 

Simak cara cek BST April 2021 melalui situs dtks.kemensos.go.id.

Selain itu bagi penerima bansos tunai juga perlu tahu bagaimana cara mencairkan bantuan tersebut di Kantor Pos. Simak penjelasannya di bawah ini.

Program bansos 2021 tersebut berlangsung selama periode Januari hingga April. Kementerian Sosial menyalurkan Bantuan Pangan Non-Tunai (BNPT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Kementerian Sosial (Kemensos) menargetkan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat menerima bantuan tersebut.

Dikutip dari laman Presidenri.go.id pada Kamis (15/4/2021), pencairan Bantuan Sosial Tunai Maret 2021 ditargetkan dilakukan pada minggu keempat di bulan yang sama.

Dalam pelaksanaannya akan bersamaan dengan pencairan BST untuk bulan April 2021 mendatang. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan pembelanjaan sesegera mungkin mengingat bulan puasa telah tiba.

Cara Cek BST Maret - April 2021 atau Bantuan Sosial Tunai

  • Buka situs resmi dtks.kemensos.go.id
  • Lihat kolom paling atas yang terdapat beberapa pencarian data diri.
  • Pilih ID Kepesertaan. Mulai dari NIK, ID DTKS atau BST, Kartu Sembako atau BNPT, dan Nomor PBI JK atau KIS. Anda bisa memilih ID sesuai keperluan untuk dapat mengakses situs.
  • Masukkan nomor kepesertaan yang dipilih dengan lengkap.
  • Ketik nama yang tertera pada ID yang dipilih.
  • Isi kode yang tercantum
  • Klik Cari
  • Selanjutnya akan muncul keterangan apakah ID Anda terdaftar pada sistem atau tidak.

Jika Anda masuk dalam KPM yang telah didata, Anda sudah bisa menerima bansos Maret-April 2021 yang direncanakan mulai diterimakan sejak 29 Maret lalu. Jika belum mendapat konfirmasi atau bansos, Anda bisa mengecek data terkini dengan cara di atas.

Situs dtks.kemensos.go.id juga dapat mengecek siapa yang menerima  BST, BPNT, dan PKH. Namun cara mencairkannya berbeda-beda. Untuk bansos tunai berikut ini cara mencairkannya.

Cara Mencairkan BST di Kantor Pos

Penerima Bantuan Sosial Tunai menerima surat undangan dari Ketua RT setempat. Surat tersebut berisi barcode dan informasi dasar penerima bantuan. Surat tersebut wajib dibawa saat ke kantor pos terdekat sebagai bukti untuk proses pencairan bantuan.

Selain membawa surat undangan, penerima Bansos Tunai juga wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Setelah semua dokumen lengkap, segera datangi Kantor Pos dan tunjukkan kepada petugas. 

Petugas akan melakukan pengecekan dan scan barcode yang terdapat pada surat undangan. Pencairan sukses dilakukan dan tidak ada potongan sama sekali.

Demikian cara cek bansos Rp 300 ribu April 2021 dan bagaimana mencairkannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar