--> -->

Kartu Prakerja: Gelombang 17 Tinggal Tunggu Pembelian Pelatihan Batch 15 & 16

  Sabtu, 17 April 2021   Eries Adlin
Kartu Prakerja: Gelombang 17 Tinggal Tunggu Pembelian Pelatihan Batch 15 & 16 (ilustrasi)

TEBET, AYOJAKARTA – Kartu Prakerja gelombang 17 menjadi program pemerintah yang ditunggu-tunggu masyarakat. Meski belum ada keterangan resmi, Pemerintah membuka opsi meluncurkan program bantuan batch 17 tersebut.

Pasalnya, di setiap gelombang, ada saja kepesertaan yang dicabut karena tidak membeli pelatihan sampai batas waktu yang telah ditetapkan. Sesuai dengan ketentuan, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja berhak mencabut kepesertaan yang bersangkutan.

Nah, dari kepesertaan yang dicabut pada batch sebelumnya itulah jumlah kuota peserta di Kartu Prakerja gelombang 17. Dengan begitu, peluncuran Kartu Prakerja tinggal menunggu pembelian pelatihan untuk batch 15 dan batch 16.

Pasalnya, kemarin (16 April 2021), Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menutup pembelian pertama Kartu Prakerja gelombang 14. Keterangan tersebut disampaikan melalui akun Instagram resminya, prakerja.go.id.

Berikut narasi yang disampaikan:

“Bagi Sobat Prakerja yang sudah lolos Gelombang 14, namun belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sekarang juga!

Batas akhir pembelian pelatihan pertama bagi penerima Kartu Prakerja Gelombang 14 adalah HARI INI pukul 23.59 WIB.

Sesuai peraturan Permenko No. 11 Tahun 2020, setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 HARI untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Bila lewat dari tanggal tersebut Sobat belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.prakerja.go.id/faq

Bagikan juga informasi ini ke teman, keluarga, atau kerabat kamu yang sudah lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 14, yuk!

#SiapDariSekarang”

Sementara itu, bagi Anda yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 17, seandainya sudah dirilis, pastikan hanya mendaftar di situs resmi prakerja.go.id. Manajemen Pelaksana menegaskan bahwa tidak ada situs lain selain laman tersebut untuk mendaftar Kartu Prakerja.

Hal tersebut untuk menghindari adanya penipuan dan penyalahgunaan data pribadi calon pendaftar Kartu Prakerja.

Berikut Ayojakarta rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja :

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

• Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang 17' (jika sudah di buka).

Lalu, bagaimana cara bagi yang gagal di 2020 dan ingin kembali mendaftarkan diri di Kartu Prakerja tahun 2021? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

• Menuju ke laman dashboard di profile Prakerja masing-masing

• Peserta dapat langsung klik 'gelombang 17' (jika sudah di buka)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar