Pemkot Jaktim 'Jemput Bola' untuk Vaksinasi Warga Lansia

  Minggu, 18 April 2021   Aini Tartinia
Pemkot Jaktim Jemput Bola untuk Vaksinasi Warga Lansia/timur.jakarta.go.id

JATINEGARA, AYOJAKARTA – Kejar target vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia), pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur terus melakukan inovasi.

Kali ini, demi memudahkan warga, vaksinasi di kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, menggelar kegiatan itu di pos RW 04.

Lurah Cipinang Besar Utara, Evi Erawati mengatakan, kegiatan yang digelar pihaknya sebagai upaya jemput bola dalam pelayanan vaksinasi. Dan kali ini puskesmas kelurahan membuka pelayanan vaksin di pos RW.

"Dengan mendekatkan pelayanan, diharapkan warga yang sebelumnya tidak bisa ikut vaksinasi Covid-19 bisa hadir," katanya, Sabtu 17 April 2021.

Evi mengatakan dengan mendekatkan diri melalui pelayanan jemput bola, hasil yang didapatkan cukup memuaskan. Dimana ada 94 lansia yang hadir ke pos RW 04 agar bisa menjalani vaksin.

"Namun dari hasil pemeriksaan sebelum diberikan vaksin, hanya 58 lansia yang diberikan vaksinasi Covid-19. Sisanya terkendala kesehatan mereka yang sebagian besar tensi darahnya tinggi," ujarnya.

Evi mengaku dalam menggelar vaksinasi Covid-19 di pos RW itu pihak puskesmas Kelurahan Cipinang Besar Utara menyiapkan 300 vaksin sebagai target. Meski begitu, pihaknya cukup bersyukur karena masih banyak warga yang bersedia datang.

"Ke depannya kami akan terus menggelar kegiatan jemput bola ini agar target vaksinasi di kelurahan Cipinang Besar Utara bisa tercapai," ungkapnya.

Sebelumya diberitakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia kategori umum di 10 Kecamatan Jakarta Timur yang dimulai pada akhir Februari 2021 masih berjalan.

Hingga kini, tercatat sudah 100 ribu lebih warga yang mendapatkan vaksinasi untuk perlindungan dari bahaya Covid-19.

Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, mengatakan bahwa hingga Kamis 8 April 2021 tercatat sebanyak 105.153 dari total 205.512 lansia di Jakarta Timur sudah divaksinasi Covid-19.

Dengan total itu, pencapaian vaksin untuk lansia telah mencapai setengahnya. "Capaian vaksinasi Covid-19 se wilayah Jakarta Timur 51,17%, yang belum divaksin sebanyak 100.359 dengan 48,83%," katanya, Kamis 8 April 2021.

Dari jumlah ini, kata Anwar, diharapkan warga yang menjalani vaksin terus bertambah seiring upaya jemput bola. Bahkan, pihaknya pun berupaya mendekatkan lokasi vaksinasi dengan memanfaatkan gedung sekolah, balai latihan kerja, hingga sejumlah mal dijadikan lokasi vaksinasi Covid-19.

"Semua upaya kita lakukan sesuai arahan bapak Gubernur para lansia di Jakarta agar terlayani dengan baik dan tervaksinasi Covid-19 semuanya,” ujarnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar