--> -->

Piala Menpora 2021: Persija ke Final, Andritany Pahlawan, Kalahkan PSM lewat Adu Penalti

  Senin, 19 April 2021   Eries Adlin
Piala Menpora 2021: Persija ke Final, Andritany Pahlawan, Kalahkan PSM lewat Adu Penalti/Budi Cahyono

SEMARANG, AYOJAKARTA -- Persija Jakarta melaju ke partai final Piala Menpora 2021 setelah meraih kemenangan dalam laga melawan PSM Makassar melalui drama adu penalti.

Hasil adu penalti dalam semifinal leg kedua Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu 18 April 2021 adalah 4-3 untuk kemenangan Persija Jakarta.

Seperti diketahui, kedua tim bermain imbang 0-0 usai bermain 90 menit. Laga pun harus dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Berikut jalannya drama adu penalti seperti dilansir Ayosemarang, jaringan Ayo Media Network:

Tendangan pertama diambil oleh Persija Jakarta. Marko Simic menjadi algojo pertama. Tendangannya ke arah kanan gawang berhasil dibendung Hilamsyah.

Hasyim Kipuw jadi eksekusi pertama PSM. Tendangannya ke tengah gawang berhasil mengecoh Andritany. Keunggulan 1 angka untuk PSM Makassar.

Rohid Chan berhasil menyamakan kedudukan usai tendangannya tak bisa dibendung Hilmansyah. Persija 1-1 PSM.

Rasyid Bakri berhasil menggandakan kedudukan. Eksekusi tendangan mendatarnya berhasil menggetarkan gawang Persija sehingga skor menjadi 1-2.

Yann Motta kembali menyamakan kedudukan. Tendangan keras pojok atas yang tak bisa dihalau Hilmansyah. 2-2.

Tendangan datar ke arah kiri algojo PSM, Abdul Rahman, berhasil dibaca Andritany. Skor 2-2.

Kiper PSM, Hilmansyah kembali berhasil membaca tendangan eksekutor Persija, Novri Setiawan.

Eksekusi Sutanto Tan berhasil menambah poin PSM. Tapi keunggulan PSM harus kembali disamakan Persija Jakarta. Tendangan keras Marc Klok sukses menggetarkan gawang Hilmansyah. 3-3.

Eksekutor PSM, Yakob Sayuri, gagal mencetak gol. Tendangannya melambung jauh dari gawang Andritany. Sandi Sute juga gagal dalam eksekusi tendangan penalti. Skor Persija 3-3 PSM.

Kembali, algojo PSM gagal mencetak gol. Sepakan Zulham Zamrun melambung dari gawang Persija. 3-3. Riko Simanjuntak juga gagal dalam eksekusinya. Hilmansyah berhasil mengantisipasi tendangan Riko dengan sempurna.

Andritany kembali menepis tendangan eksekutor PSM Makassar, Saldi. Skor Persija 3-3 PSM.

Tony Sucipto berhasil menambah skor untuk Persija. Sepakannya ke kiri gawang sukses mengecoh Hilmansyah. Persija 4-3 PSM.

Zulkifli Syukur gagal menjadi eksekutor. Andritany berhasil menjadi pahlawan usai menepis tendangan Zulkifli Syukur. Persija 4-3 PSM.

Persija Jakarta akan berhadapan deng PSM Makassar dalam laga lanjutan Piala Menpora 2021. Laga big match ini digelar di Stadion Manahan Solo, Minggu 18 April 2021.

BABAK I

Pada 15 menit awal jalannya pertandingan babak pertama, Persija dan PSM bermain dengan tempo sedang. Kedisiplinan pemain membuat kedua tim minim peluang.

Di menit 18, Yakob Sayuri memiliki peluang. Tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Andritany.

Menit 20, PSM kembali memiliki peluang gol. Yakob Sayuri dari sisi kiri pertahanan Persija mengirim umpan manis ke tiang jauh. Sayang Patich Wanggai terlambat menyambut bola. Hanya menghasilkan tendangan gawang.

Persija memiliki kesempatan di menit 22 dari set piece tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan PSM. Sayang, umpan Klok kepada Marko Simic masih bisa di tangkap sempurna Hilmansyah.

Kembali, Persija mengancam gawang PSM Makassar di menit 24. Tendangan shoot on target dari Alfath Fathier masih bisa diamankan Kiper PSM, Hilmansyah.

Jalannya pertandingan usai cooling break, kedua tim menunjukkan kokohnya lini pertahanan. Sejumlah skema penyerangan keduanya selalu dapat dibendung dengan baik oleh lini pertahanan.

Hingga Wasit Aprisman Aranda meniup peluit panjang berakhirnya laga babak pertama. Kedua tim masih bermain imbang 0-0.

BABAK II

Jalan 10 menit usai turun minum, pertahanan kedua tim masih bermain dengan disiplin tinggi. Membuat permainan keduanya masih minim serangan.

Di menit 57, umpan ke tiang dekat oleh Marc Klok dari set piece, disambut sundulan oleh Osvaldo Haay. Namun sayang, sundulan Osvaldo masih lemah dan berhasil diamankan sempurna oleh kipe PSM, Hilmansyah.

Hingga waktu cooling break, kedua tim tetap bermain minim peluang, meski beberapa kali terlihat benturan antar pemain terjadi. Dan skema penyerangan melalui sayap manjadi kunci penyerangan kedua tim.

Di menit 88, Yakob Sayuri punya peluang cetak gol melalui tendangan yang terarah. Akan tetapi penyelamatan gemilang juga dilakukan Andritany. Skor tetap 0-0 hingga menit 88.

Kembali, pemain pengganti, Zulham Zamrun mengancam gawang Andritany. Sepak pojok dari Rasyid Bakri di sambut sundulan oleh Zulham. Namun sundulannya masih melebar ke kanan gawang Persija

Hingga Wasit Aprisman Aranda meniup peluit panjang berakhirnya laga babak kedua. Kedua tim masih bermain imbang 0-0. Pertandingan dilanjut dengan babak adu penalti.  (Vedyana Ardansyah)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar