>

Polisi Siapkan 31 Titik Pos Penyekatan Mudik Lebaran di Jakarta

  Senin, 26 April 2021   Fichri Hakiim
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, saat dimintai keterangan terkait titik penyekatan. (Fichrihakiim/Ayojakarta.com)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Pemerintah telah melarang masyarakat untuk mudik pada tahun 2021 ini. Namun, masih banyak masyarakat yang tak menghiraukan larangan pemerintah tersebut, mereka tetap nekat untuk bertemu sanak keluarga di masa pandemi seperti ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan berdasarkan survei sementara, tercatat jumlah warga yang nekat melaksanakan mudik cukup banyak. 

Meski sudah ada larangan mudik dari pemerintah, hasil survey menjelaskan ada sekitar 7 juta orang yang hendak pulang ke kampung halamannya saat Lebaran tahun ini.

"Kalau berdasarkan survei dari Litbang Departemen Perhubungan, memang masih ada sekitar tujuh juta orang yang memang tetap akan melaksanakan mudik," katanya, Senin 26 April 2021.

Sambodo menjelaskan, petugas kepolisian terus memberikan sosialisasi larangan mudik tersebut kepada masyarakat. Ia berharap agar masyarakat tidak 'ngeyel'.

Petugas kepolisian pun telah menyiapkan sebanyak 31 titik pos penyekatan, yang terdiri dari 17 pos check point dan 14 titik penyekatan.

"14 titik itu berada di gerbang keluar aglomerasi Jabodetabek. Kami akan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap semua kendaraan yang lewat, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan pribadi, terutama dengan pengalaman modus-modus operandi dari para pemudik terdahulu, yang naik travel gelap, naik sepeda motor, naik didalam ambulan, sembunyi di bagasi bus, sembunyi di toilet bus, naik ke bak truk, semuanya akan kami periksa," jelas Sambodo. 

Check point berada di dalam aglomerasi yang tersebar di Jabodetabek untuk meningkatkan ataupun melihat kepatuhan terhadap protokol kesehatan COVID-19.

"Ya, sehingga diharapkan mudah-mudahan pelaksanaannya tahun ini lebih ketat, lebih bagus dan masyarakat paling tidak lebih sadar untuk tidak mencoba-coba untuk mudik," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar