>

Indonesia Jadi Negara Asia Ketiga dengan Vaksinasi Terbesar

  Selasa, 27 April 2021   Icheiko Ramadhanty
Ilustrasi (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA -- Indonesia baru saja menerima gelombang kedua vaksin dari jalur multilateral yaitu dari COVAX facility, berupa vaksin jadi AstraZeneca (AZ) sebesar 3.852.000 (tiga juta delapan ratus lima puluh dua ribu) dosis. Pengiriman batch pertama vaksin multilateral dari COVAX facility telah diterima Indonesia pada tanggal 3 Maret 2021, yaitu sebesar 1,1 juta dosis.

Dengan kedatangan batch kedua ini maka Indonesia telah menerima vaksin AstraZeneca dari COVAX facility sebesar  4.965.600 dosis vaksin jadi secara gratis. Jika digabungkan, vaksin dari jalur multilateral dan dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah berjumlah 67.465.600 dosis.

Atas dasar itu, Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi mengatakan bahwa sejauh ini, Indonesia merupakan negara ke-3 dengan jumlah pemberian vaksinasi terbesar di kawasan Asia, setelah RRT dan India.

"Program vaksinasi harus terus kita dukung dan jalankan. Ini tentunya bukan sebuah ikhtiar yang mudah. Dan ikhtiar ini akan terus kita lakukan," kata Retno dalama konferensi persnya, Senin 26 April 2021.

Kendati demikian, Retno mengungkap adanya kebutuhan dunia akan vaksin yang semakin meningkat. Selain itu, dia juga melihat adanya perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia.

"Keadaan baru ini mengharuskan Pemerintah Indonesia bekerja lebih keras agar ketersediaan vaksin yang aman bagi rakyat Indonesia dapat tercukupi. Day and nite, kita terus berupaya agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan. Siang dan malam, kita terus melakukan diplomasi agar kebutuhan vaksin kita tercukupi," lanjutnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar