Situs Data Penerima Bansos dari Kemensos Berubah ke di https://cekbansos.kemensos.go.id.

  Kamis, 29 April 2021   Eries Adlin
Situs Data Penerima Bansos dari Kemensos Berubah ke di https://cekbansos.kemensos.go.id. (ilustrasi)/suara.com/ema rohimah

TEBET, AYOJAKARTA – Link situs data penerima bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kini berubah alamat menjadi di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Semula, situs data penerima bansos Kemensos beralamat di https://dtks.kemensos.go.id. Kini setelah ada pembaruan data peserta Program Keluarga Harapan (PKH), daftar penerima bantuan di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Di laman yang baru tersebut, peserta PKH bisa mengecek apakah mereka atau keluarganya termasuk sebagai penerima bantuan

Di laman tersebut, masyarakat dapat mengecek apakah diri dan keluarga mereka terdaftar sebagai penerima bansos PKH, Bantuan Pangan NonTunai (BPNT), dan bantuan sosial tunai (BST) sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

“Melalui aplikasi itu, publik dapat memantau penerima PKH, BPNT, dan BST dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya,” jelas Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan resminya, Rabu (28 April 2021).

Dalam penjelasannya, Mensos Risma mengatakan mulai 1 April, Kemensos sudah meluncurkan NEW DTKS yang sudah dipadankan dengan NIK dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Di NEW DTKS, warga yang berhak akan difasilitasi mengusulkan dirinya untuk menerima bantuan. Sementara itu, nomor handphone penyanggah akan disembunyikan beberapa angka di belakangnya untuk menjaga kerahasiaan.

Berikut cara untuk mengecek data penerima bansos 2021 di cekbansos.kemensos.go.id:

  • Kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id

  • Lengkapi data yang dibutuhkan, yakni provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

  • Isi nama sesuai KTP

  • Masukkan empat kode berupa huruf dan angka seperti yang tertera di kotak kode

  • Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol cari.

  • Sistem otomatis akan mencocokan data nama penerima bansos yang diinput, wilayah, serta data yang disimpan di DTKS Kemensos.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar