>

Chatbot Posko Covid-19, Layanan Konsultasi Gratis Bagi Warga Jakarta

  Kamis, 29 April 2021   Aini Tartinia
Chatbot Posko Covid-19, Layanan Konsultasi Gratis Bagi Warga Jakarta

GAMBIR, AYOJAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI berkolaborasi dengan Pro Sehat dan didukung oleh Botika membuka layanan chatbot WhatsApp Posko Jakarta Tanggap Covid-19 yang dapat diakses masyarakat melalui nomor 081388376955.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat mengakses informasi skrining dan rapid test Covid-19; informasi pemeriksaan swab; info rumah sakit rujukan; manajemen pasien (khusus faskes dan tenaga kesehatan); konsultasi chat dokter (Pro Sehat); dan pertanyaan lainnya (Posko Dinkes DKI).

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, selain nomor kontak 112 dan 119, layanan nomor posko 081388376955 dan 081112112112 dapat dihubungi lewat telepon dan WhatsApp.

"Ratusan ribu pesan sudah masuk ke nomor Posko Jakarta Tanggap Covid-19 di bawah Command Center yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya sampai saat ini," kata Widyastuti dalam keterangannya di Jakarta, Kamis 29 April 2021.

Widyastuti menjelaskan, chatbot dengan fitur penapisan Covid-19 cara kerjanya dimulai dengan sistem memberikan pertanyaan umum terkait gejala. 

Setelah semua pertanyaan tersebut terjawab pengguna aplikasi akan mendapatkan hasil penapisan dan saran lebih lanjut.

"Warga Jakarta juga bisa mendapatkan layanan penapisan Covid-19, termasuk berkonsultasi dengan Dokter Pro Sehat secara langsung melalui live chat, fitur tersebut memungkinkan para pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus keluar rumah," kata Widyastuti.

Ia menambahkan, melalui chatbot WhatsApp, pengguna aplikasi juga dapat mengetahui lokasi rumah sakit rujukan terdekat melalui sharing location via WhatsApp.

"Layanan chatbot WhatsApp pastinya lebih memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait Covid-19, terlebih pada era teknologi seperti saat ini," demikian kata Widyastuti.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar