>

Menjaga Kesehatan Tubuh & Berat Badan: Ini 9 Rekomendasi Diet Sehat

  Minggu, 02 Mei 2021   Eries Adlin
Menjaga Kesehatan Tubuh & Berat Badan: Ini 9 Rekomendasi Diet Sehat (ilustrasi)/pixabay.com

TEBET, AYOJAKARTA -- Diet atau pengaturan pola makan yang sehat merupakan salah satu kunci dalam menjaga kesehatan. Sayangnya, tidak semua orang menerapkan diet sehat yang baik dalam keseharian.

Eatwell Guide yang dikutip republika.co.id beberapa waktu laluĀ mengungkapkan ada sembilan rekomendasi untuk menerapkan diet sehat dalam keseharian. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak menerapkan kesembilan rekomendasi tersebut.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari setengah juta warga Inggris. Berdasarkan studi tersebut, hanya kurang dari sepertiga orang yang menerapkan setidaknya lima rekomendasi diet sehat.

Selain itu hanya empat dari 10 orang yang berhasil menerapkan tiga sampai empat rekomendasi tersebut. Yang lebih mengejutkan, hanya satu dari 1.000 orang yang menerapkan kesembilan rekomendasi diet sehat tersebut secara konsisten.

Padahal, studi mengungkapkan bahwa penerapan diet sehat dapat menambah harapan hidup. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa penerapan lima dari sembilan rekomendasi atau lebih dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 7 persen.

Studi ini dinilai dapat memberikan gambaran bahwa sebagian besar orang masih belum menerapkan diet sehat. Padahal, diet yang buruk dapat memicu terjadinya krisis obesitas.

"Tantangan yang ada adalah membantu lebih banyak orang untuk mengikuti anjuran (kesembilan rekomendasi) ini," ungkap Kepala Ahli Gizi Public Health England Dr Alison Tedstone.

Berikut ini adalah kesembilan rekomendasi dari Eatwell Guide. Berapa banyak yang sudah Anda terapkan?

1. Konsumsi lima porsi buah dan sayur per hari.

2. Pilih asupan karbohidrat yang berpati, seperti kentang, roti, dan pasta. Pilih opsi karbohidrat yang tinggi serat.

3. Pilih produk olahan susu yang rendah lemak.

4. Upayakan mengonsumsi dua porsi ikan per minggu, di mana salah satunya merupakan ikan berlemak. Tidak mengonsumsi daging merah atau daging olahan lebih dari 70 gram per hari.

5. Pilih minyak yang tidak jenuh, seperti minyak sayur, dan gunakan dalam jumlah yang kecil.

6. Hanya konsumsi cokelat, kue, dan biskuit dalam jumlah kecil.

7. Minum 6-8 gelas air putih, susu, atau minuman bebas gula per hari.

8. Cek label dalam kemasan makanan dan pilih opsi yang rendah lemak serta rendah gula.

9. Jaga asupan kalori sesuai kebutuhan. Secara umum, rekomendasi asupan kalori untuk perempuan adalah 2000 kalori per hari, sedangkan untuk laki-laki adalah 2500 kalori per hari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar