>

Segera Hentikan! Ini 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Sering Terjadi

  Senin, 03 Mei 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Kemunculan tren skincare serta banyaknya produk skincare yang bermunculan, membuat kita pasti ingin mencoba semua produknya sekaligus. Namun, perlu kamu ketahui, sebelum membeli skincare  pastikan kamu sudah tahu dan paham tentang kondisi dan tipe kulit kamu ya!

Jangan sampai skincare yang kamu beli justru membuat kulitmu semakin bermasalah. Agar hal itu tidak terjadi, berikut adalah beberapa kesalahan penggunaan skincare yang sering banget dilakukan:

1. Tidak Melakukan Double Cleansing

Double Cleansing dirasa sangat berpengaruh agar skincare yang dipakai selanjutnya dapat menyerap dengan baik. Double Cleansing dilakukan dengan menggunakan micellar water pada wajah, selanjutnya mencuci wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan tipe kulit kita.

2. Terlalu Banyak Rangkaian Produk

Tren Korean Skincare yang sedang marak ternyata memiliki banyak rangkaian dalam penggunaannya. Padahal, jika kamu belum menemukan basic skincare yang tepat dan cocok, membuat rangkaian tambahan lainnya akan sia-sia dan justru berpotensi membuat kondisi kulit memburuk.

Terkadang juga, kulit dapat merasa lelah akibat terlalu banyak produk pada rangkaian yang digunakan. Maka kita harus pintar-pintar memilih produk yang cocok bagi kulit kita.

3. Tidak Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen adalah harus dilakukan jika kita akan melakukan aktivitas terutama aktivitas outdoor. Akan sia-sia dan percuma rangkaian skincare yang kita pakai malam hari apabila saat pagi kita tidak menjaganya dengan penggunaan sunscreen. Pilih SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, bisa gunakan SPF 30 atau SPF 50.

Jika kamu memiliki wajah berminyak, lebih baik gunakan sunscreen yang memiliki efek matte dan bagi kamu yang memiliki wajah kering, pilih sunscreen yang melembabkan dan melindungi kulit.

4. Cuci Muka Terlalu Sering

Cuci muka sewajarnya dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu hari. Apabila melakukan cuci muka terlalu sering, menyebabkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh akan hilang dan wajah menjadi kering dan berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah.

Gunakan sabun muka yang memiliki tekstur gel untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan gunakan yang bertekstur cream untuk kamu yang memiliki kulit kering.

5. Terlalu Sering Eksfoliasi

Ada dua jenis eksfoliasi, eksfoliasi physical dan chemicalChemical Exfoliant biasa ditemukan pada produk skincare yang mengandung AHA, BHA, atau PHA. Penggunaan kandungan ini bagi pemula akan menyebabkan efek tingling. Jika kadar kandungan rendah, dapat digunakan untuk setiap hari, apabila kadar kandungan tinggi, maka gunakan secara berkala 2-3 kali dalam satu minggu.

Sedangak Physical Exfoliant adalah eksfoliasi yang biasanya berbentuk scrub. Sempat menjadi pro kontra bagaimana scrub dilarang dalam produk kecantikan. Namun, jika kamu ingin menggunakan produk dengan jenis ini, jangan gosok terlalu kencang pada wajah.

Jika kamu melakukan eksfoliasi terlalu keras dan sering, akan membuat lapisan kulit wajah menipis dan mudah iritasi. Selain itu juga dapat menimbulkan jerawat.

Itu dia beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pengguna skincare. Apakah kamu pernah melakukan salah satu kesalahan di atas?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar