--> -->

Bansos Cair Sebelum Lebaran: BLT UMKM, Prakerja, Bansos Sembako, Subsidi Listrik & PKH, Cek Penerima di https://cekbansos.kemensos.go.id

  Selasa, 04 Mei 2021   Eries Adlin
Bansos Cair Sebelum Lebaran: BLT UMKM, Prakerja, Bansos Sembako, Subsidi Listrik & PKH, Cek Penerima di https://cekbansos.kemensos.go.id (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Menjelang perayaan hari raya Idulfitri, Pemerintah akan mempercepat pencairan beberapa bantuan sosial atau Bansos agar dapat cair pada awal Mei 2021 atau sebelum Lebaran.

Rencana pencairan bansos sebelum Idulfitri 2021 disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam acara virtual yang digelar oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada 20 April 2021. Hal yang senada juga disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

“Dari Kementerian Sosial (Kemensos) sudah ada koordinasi untuk mempercepat penyaluran bansos pada awal Mei sehingga pada saat Lebaran, mereka yang kurang beruntung sudah bisa menikmati bantuan sosial tersebut," kata Menko Muhadjir Effendy ketika itu.

Wakil Menkeu Suahasil menjelaskan berbagai bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Kami minta segera dijalankan yang bulan ini (April) dan juga bulan depan (Mei), agar segera diterima oleh masyarakat,” jelas Suahasil dalam konferensi pers APBN Kita beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dari penjelasan Kemensos, situs data penerima bansos kini berubah alamat menjadi di https://cekbansos.kemensos.go.id. Semula, situs data penerima bansos Kemensos beralamat di https://dtks.kemensos.go.id. Kini setelah ada pembaruan data peserta Program Keluarga Harapan (PKH), daftar penerima bantuan di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Melaui link cek bansos 2021 ini terdapat fitur Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH), per Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

Adapun petunjuk pencarian cata penerima bansos ini adalah:

  • Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan
  • Masukkan Nama PM sesuai KTP
  • Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  • Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  • Lalu klik tombol cari
  • Note: Sistem akan mencocokan Nama KPM dan Wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database.

Menteri Sosial Tri Rismaharini berharap kehadiran website cekbansos ini mampu memenuhi Hak Informasi Publik serta meningkatkan transparansi penyaluran bansos.

Tak kalah penting, kehadiran website cek bansos ini diharapkan supaya data penerima bansos 2021 lebih tepat sasaran.

Layanan Terus Ditingkatkan

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi yang jelas, kementerian terkait terus mengupayakan agar layanan pengecekan ini bisa semakin meningkat. Nantinya disebutkan, bahwa setiap bulan akan dilakukan update sesuai dengan tanggapan dari masyarakat pada layanan berbasis web ini.

Bahkan Kementerian Sosial dalam urusan ini, juga turut melibatkan beberapa perguruan tinggi untuk melakukan proses pengendalian mutu. Hal ini dilakukan agar layanan tersebut dapat terus berkembang dan memenuhi ekspektasi masyarakat. Nantinya, fitur-fitur lain juga akan ditambahkan untuk menunjang keperluan yang lain.

Nah, setelah mengetahui cara cek penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, akan banyak update pada layanan web tersebut.

Lantas apa saja beberapa bantuan yang cair Mei 2021 sebelum Lebaran tiba? Berikut beberapa bantuan yang bisa Anda nikmati jika Anda termasuk golongan yang menjadi target pemberian bantuan, seperti dilansir suara.com:

1. BLT UMKM

Bantuan Presideun Produktif Usaha Mikro atau BPUM telah dikonfirmasi akan terus dilanjutkan. Ini artinya, Anda yang pernah menerima stimulus ini akan kembali mendapatkannya sebelum Lebaran tiba.

Namun demikian BPUM hanya diberikan pada target spesifik, untuk terus menggerakkan ekonomi mikro. Meski tak besar, namun bantuan dana segar bisa jadi stimulus yang baik efeknya untuk masyarakat luas.

2. Bansos Sembako

Bantuan Pangan Non Tunai juga akan dapat dinikmati hingga Desember 2021 nanti. Artinya pada masa Lebaran, semua yang menjadi target dari bansos ini akan kembali menerima bantuan secara langsung. Setidaknya hingga saat ini terdapat 18,8 juta orang penerima yang terdaftar, dan besaran per orangnya mencapai Rp.200.000.

3. Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja yang sukses membantu cukup banyak orang kembali di adakan. Jumlah bantuan yang cukup besar nilai rupiahnya, serta manfaat yang dirasakan oleh peserta program ini menjadi fokus utamanya.

Untuk paruh pertama 2021 sendiri kabarnya masih akan diadakan program serupa, namun dengan proses yang masih sama dari tahap ke tahapnya.

4. Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH juga menjadi bantuan yang akan dapat dinikmati sebelum Lebaran tiba beberapa hari lagi. Program ini sendiri menyasar ibu hamil, anak-anak, siswa SD, SMP, hingga SMA, dan penyandang disabilitas serta orang lanjut usia. Nilainya yang cukup lumayan seperti angin segar untuk warga yang memang benar-benar membutuhkan.

5. Subsidi Listrik

Meski tidak berupa uang tunai, namun subsidi listrik juga menjadi salah satu subsidi yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara nyata. Targetnya jelas, yakni pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA, bisnis kecil dengan daya serupa, dan industri kecil dengan daya yang sama. Diskonnya hingga 50%, dengan perhitungan penggunaan maksimal 720 jam menyala.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar