>

Operasi Ketupat Jaya 2021 Berlaku Malam Ini, Polisi Siapkan 17 Titik Pos Cek Poin dan 14 Titik Penyekatan

  Rabu, 05 Mei 2021   Fichri Hakiim
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dalam gelar pasukan Operasi Ketupat Jaya 2021. (Fichrihakiim/Ayojakarta)

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA -- Petugas kepolisian menggelar Operasi Ketupat Jaya 2021 mulai tanggal 6-17 Mei 2021. Operasi tersebut mulai berlaku pada pukul 24.00 WIB tengah malam nanti. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas kepolisian telah mendirikan 17 titik pos cek poin dan 14 titik pos penyekatan. 

"Ya Operasi Ketupat Jaya 2021, khususnya terkait dengan larangan mudik, akan kita mulai nanti malam pukul 24.00 WIB. Seluruh titik sudah kita persiapkan, baik 17 titik cek poin, maupun 14 titik pos penyekatan, akan beroperasi mulai nanti malam," ujarnya di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu 5 Mei 2021.

Petugas kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Namun, ada beberapa syarat perjalanan yang diizinkan petugas kepolisian. 

"Selain dari perjalanan non mudik yaitu perjalanan angkutan barang atau logistik, perjalanan dinas, perjalanan untuk kedukaan atau untuk mengunjungi orang yang meninggal dunia, atau sakit, atau ibu hamil yang akan melakukan persalina, maka diluar itu tidak diperbolehkan melakukan perjalanan," jelas Sambodo. 

Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dinas, diwajibkan untuk membawa surat keterangan. 

"Kita akan periksa semua persyaratannya, misalnya untuk perjalanan dinas harus ada surat perjalanan dinas, tanda tangan basah, cap basah dan print out, jadi bukan fotokopi. Berlaku untuk individual dan satu kali perjalanan, demikian juga untuk perjalanan lainnya bagi TNI-Polri-ASN," ucapnya. 

"Kemudian bagi masyarakat umum dan pekerja, minimal ada surat keterangan dari kepala desa atau lurah yang menyangkut tentang tujuan perjalanan. Diluar itu maka kita akan putar balikan," tambahnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar