>

KJP Plus, Bansos, BLT UMKM, Kartu Prakerja, Subsidi Listrik & Bantuan PKH Cair Sebelum Lebaran, Cek Daftar Penerima di Sini

  Kamis, 06 Mei 2021   Eries Adlin
KJP Plus, Bansos, BLT UMKM, Kartu Prakerja, Subsidi Listrik & Bantuan PKH Cair Sebelum Lebaran, Cek Daftar Penerima di Sini (ilustrasi)/republika.co.id/prayogi

TEBET, AYOJAKARTA – Pandemi Covid-19 memang begitu menekan perekonomian negara dan juga keluarga. Mau tidak mau, sebagian masyarakat bergitu berharap pada kucuran bantuan dan program dari pemerintah dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk bantuan langsung tunai atau BLT UMKM, bantuan sosian nontunai (BSNT) yang sering disebut bansos sembako.

Selain itu juga, pemerintah juga masih mengucurkan subsidi listrik untuk pengguna 450 VA sebesar 50% dari tagihan. Satu lagi juga yang ditunggu-tunggu yang masih berbentuk program adalah pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17. Khusus warga DKI Jakarta, bantuan via Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus untuk periode Mei 2021 termasuk yang diharapkan cair.

Berikut ini Ayojakarta rangkumkan beberapa informasi terkait dengan bantuan tersebut:

KJP PLUS MEI

Beredar infografis dengan narasi bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tahap 1 tahun 2021 periode Mei akan mulai cair mulai 7 Mei 2021.

Di media sosial, beredar infogarafis dengan gambar tangkapan layar Instagram, jakone.mobile, menginformasikan bahwa KJP Plus Mei 2021 mulai cair pada Sabtu 7 Mei seperti di bawah ini:

 

Namun, berdasarkan penelusuran Ayojakarta, di akun Instagram jakone.mobile tidak ada unggahan infografis yang memuat informasi bahwa KJP Plus periode Mei 2021 akan cair mulai 7 Mei.   Bahkan akun Twitter Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP), @upt_P4OP, membantah telah merilis infografis tersebut. “Kami tidak pernah mempublikasikan infografis tsb.

Sebagian warga DKI Jakarta memang tengah menanti informasi tentang kapan bantuan KJP Plus periode Mei 2021 akan cair. Pasalnya, sampai dengan siang ini, Kamis 6 Mei 2021, belum ada informasi resmi dari Pemprov DKI tentang kapan bantuan itu akan mengucur.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan menyebarluaskan informasi dari media sosial milik institusi di Pemprov DKI, menyatakan bahwa pencairan KJP Plus akan dilakukan setiap tanggal 5 bulan berjalan.

KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17

Kapan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka menjadi informasi yang amat dinanti-nanti oleh sebagian masyarakat. Meski Manajemen Pelaksana Program sudah memberikan sinyal, pemerintah belum merilis kapan Kartu Prakerja gelombang 17 akan diluncurkan.

Kartu Prakerja gelombang 17 dipastikan menjadi batch terakhir pada semester 1 tahun 2021 ini. Pasalnya, kuota yang tersedia berasal dari kepesertaan yang dicabut pada lima gelombang sebelumnya yakni gelombang 12—gelombang 16.

Karena berasal dari kepesertaan yang dicabut, total kuota di Kartu Prakerja gelombang 17 kemungkinan besar di bawah 50 ribu orang.

Mungkin ada baiknya Anda memantau laman dan media sosial resmi Kartu Prakerja itu setiap Kamis. Pasalnya, mengikuti kelaziman yang berlaku sebelumnya yakni sebelum pelaksanaan Kartu Prakerja gelombang 17, pembukaan pendaftaran berlangsung setiap hari Kamis.

Waktu pembukaan Kartu Prakerja gelombang 12—gelombang 16:

  • Gelombang 16 dibuka pada Kamis 25 Maret

  • Gelombang 15 dibuka pada Kamis 18 Maret

  • Gelombang 14 dibuka pada Kamis 11 Maret

  • Gelombang 13 dibuka pada Kamis 4 Maret

  • Gelombang 12 dibuka pada Selasa 23 Februari

Banyak peserta gagal di gelombang-gelombang sebelumnya. Hal ini membuat Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membeberkan alasannya, salah satunya terkait unggahan berkas KTP.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menggunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar? Berikut Ayojakarta rangkum tipsnya:

1. Foto KTP dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)

2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar diperlihatkan sisi dari tempat mengambil foto)

3. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP

4. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang ditentukan

5. Jika ukuran file foto KTP lebih besar, agar mengubah ukuran terlebih dahulu (compress foto).

BANSOS SEMBAKO

Rencana pencairan bansos sebelum Idulfitri 2021 disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam acara virtual yang digelar oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada 20 April 2021. Hal yang senada juga disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

“Dari Kementerian Sosial (Kemensos) sudah ada koordinasi untuk mempercepat penyaluran bansos pada awal Mei sehingga pada saat Lebaran, mereka yang kurang beruntung sudah bisa menikmati bantuan sosial tersebut," kata Menko Muhadjir Effendy ketika itu.

Wakil Menkeu Suahasil menjelaskan berbagai bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Kami minta segera dijalankan yang bulan ini (April) dan juga bulan depan (Mei), agar segera diterima oleh masyarakat,” jelas Suahasil dalam konferensi pers APBN Kita beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dari penjelasan Kemensos, situs data penerima bansos kini berubah alamat menjadi di https://cekbansos.kemensos.go.id. Semula, situs data penerima bansos Kemensos beralamat di https://dtks.kemensos.go.id. Kini setelah ada pembaruan data peserta Program Keluarga Harapan (PKH), daftar penerima bantuan di https://cekbansos.kemensos.go.id.

Melaui link cek bansos 2021 ini terdapat fitur Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH), per Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

Adapun petunjuk pencarian cata penerima bansos ini adalah:

  • Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan
  • Masukkan Nama PM sesuai KTP
  • Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  • Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  • Lalu klik tombol cari
  • Note: Sistem akan mencocokan Nama KPM dan Wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database.

BLT UMKM

Bantuan Presideun Produktif Usaha Mikro atau BPUM telah dikonfirmasi akan terus dilanjutkan. Ini artinya, Anda yang pernah menerima stimulus ini akan kembali mendapatkannya sebelum Lebaran tiba.

Namun demikian BPUM hanya diberikan pada target spesifik, untuk terus menggerakkan ekonomi mikro. Meski tak besar, namun bantuan dana segar bisa jadi stimulus yang baik efeknya untuk masyarakat luas.

PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)

PKH juga menjadi bantuan yang akan dapat dinikmati sebelum Lebaran tiba beberapa hari lagi. Program ini sendiri menyasar ibu hamil, anak-anak, siswa SD, SMP, hingga SMA, dan penyandang disabilitas serta orang lanjut usia. Nilainya yang cukup lumayan seperti angin segar untuk warga yang memang benar-benar membutuhkan.

SUBSIDI LISTRIK

Meski tidak berupa uang tunai, namun subsidi listrik juga menjadi salah satu subsidi yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara nyata. Targetnya jelas, yakni pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA, bisnis kecil dengan daya serupa, dan industri kecil dengan daya yang sama. Diskonnya hingga 50%, dengan perhitungan penggunaan maksimal 720 jam menyala.

KJP PLUS MEI 2021

Kapan bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus untuk periode Mei 2021 cair ke rekening warga DKI Jakarta yang tercatat sebagai penerima?

Mengikuti janji yang pernah disampaikan oleh Gubernur Anies Baswedan dan informasi yang disampaikan oleh beberapa media sosial milik Pemprov DKI Jakarta, pencairan KJP Plus akan dilakukan setiap tanggal 5 bulan berjalan.

Janji tersebut sudah ditepati oleh Pemprov DKI Jakarta. Pencairan KJP Plus pada bulan-bulan sebelumnya yakni Januari, Februari, Maret, dan April memang dilakukan pada tanggal 5.

Berdasarkan informasi dari Dinas terkait, untuk pencairan dana KJP Plus tahun 2021 rencananya akan dimulai setiap tanggal 5 di awal bulan berjalan. Mohon kesediannya untuk menunggu proses pencariannya. Terimakasih.”

Demikian informasi yang disampaikan oleh akun Twitter resmi Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, pada 5 Februari 2021.

Berdasarkan catatan Ayojakarta, sejak Januari 2021 pencairan KJP Plus memang sudah dilakukan pada tanggal 5. Sebelumnya, pada 2020, penyaluran bantuan Pemprov DKI untuk para pelajar itu dilakukan di atas tanggal 20 setiap bulannya.

Berikut ini besaran bantuan KJP Plus untuk masing-masing tingkat pendidikan:

SD/sederajat

  1. Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 250.000 tiap bulannya. 
  2. Dana rutin: Rp 135.000.
  3. Dana berkala:Rp 115.000.
  4. SPP tambahan khusus untuk SD swasta: Rp 130.000.

SMP/sederajat

  1. Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 300.000 tiap bulannya. 
  2. Dana rutin: Rp 138.000.
  3. Dana berkala:Rp 115.000.
  4. SPP tambahan khusus untuk SD swasta: Rp 170.000. 

SMA/sederajat

  1. Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 420.000 tiap bulannya. 
  2. Dana rutin: Rp 235.000.
  3. Dana berkala:Rp 185.000.

SPP tambahan khusus untuk SD swasta: Rp 290.000.

SMK/sederajat

  1. Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 450.000 tiap bulannya. 
  2. Dana rutin: Rp 235.000.
  3. Dana berkala:Rp 215.000.
  4. SPP tambahan khusus untuk SD swasta: Rp 240.000.
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar