>

Pencairan BLT UMKM atau BPUM Rp1,2 Juta di Bogor: Masih Menunggu Verifikasi Kementerian Koperasi

  Minggu, 09 Mei 2021   Yogi Faisal
Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora, saat melakukan sosialisasi kepada pelaku UKM Kota Bogor/ayobogor/yogi faisal

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA -- 77.911 calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), dari program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) masih menunggu kejelasan kapan bantuan tersebut bakal cair.

Bantuan dana segar sebesar Rp1,2 yang bersumber dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) itu, belum bisa dipastikan bakal cair dalam waktu dekat ini, meski pendaftaran sudah berlangsung sejak akhir April kemarin.

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora mengatakan, secara umum tugas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor hanya memfasilitasi calon penerima melalui pendaftaran dan pendataan BLT UMKM.

“Tugas kami di dinas hanya sebatas melakukan verifikasi dan membuka pendaftaran bagi calon penerima. Untuk pencairan dan lain sebagainya merupakan wewenang pihak kementerian,” katanya saat dihubungi ayobogor, jaringan Ayo Media Network, Minggu 9 Mei 2021.

Pria yang akrab disapa Medi ini mengaku belum bisa berkomentar banyak mengenai kapan BLT UMKM ini bisa dicairkan. Informasi terakhir yang diterima, saat ini data-data calon penerima sedang diverifikasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

"Kami belum bisa pastikan kapan BLT UMKM ini bakal cair. Semoga saja bisa segera cair dalam waktu dekat ini. Kalau pun nanti sudah dicairkan, pasti penerima bakal mendapatkan notifikasinya. Jadi mohon bersabar," ucapnya.

Pendaftaran BLT UMKM atau BPUM sudah dilakukan pihaknya Sejak Senin 5 April 2021 hingga Jumat 23 April 2021. Pada tahun ini Kota Bogor mendapatkan kuota penerima sebanyak 77.911 UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Bagi pelaku UKM Kota Bogor yang merasa sudah melakukan pendaftaran dan pengisian formulir calon penerima bantuan, bisa memastikan statusnya secara langsung, apakah sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan atau belum.

"Bagi masyarakat yang ingin memastikan statusnya, bisa langsung mengakses https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum untuk memastikan statusnya, apakah sudah terdaftar sebagai penerima atau belum," tutupnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar