>

13 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mendukung Diet Sehat Anda untuk Menurunkan Berat Badan, Dicoba Deh dan Semoga Berhasil

  Minggu, 09 Mei 2021   Eries Adlin
13 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Mendukung Diet Sehat Anda untuk Menurunkan Berat Badan, Dicoba Deh dan Semoga Berhasil (ilustrasi)/pixabay.com

TEBET, AYOJAKARTA – Bagi banyak orang, diet sehat seringkali belum berjalan dengan efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, kadang, tanpa disadari ada saja kebiasaan yang mengganggu efektivitas dalam menjalankan program tersebut.

Namun, jangan berkecil hati. Selain ada kebiasaan yang menghambat, kalian bisa mengoptimalkan aktivitas yang justru dapat mendorong pelaksanaan diet sehat sehingga justru malah berjalan dengan optimal dalam menurunkan berat badan, melalui diet sehat misalnya.

Beruntungnya lagi, kebiasaan tersebut tidak sulit untuk kalian lakukan karena berhubungan dengan keigatan sehari-hari. Berikut beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat  dengan dukungan dari kegiatan sehari-hari seperti dilansir suara.com.

1. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Air putih sangat ampuh untuk membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh, sehingga fungsi metabolisme tubuh menjadi lebih maksimal. Sempatkan diri untuk minum segelas air putih pada pagi hari setelah bangun tidur. Dengan terbiasa melakukan hal sederhana ini, tubuh Anda akan lebih berstamina sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Agar tidak lupa, sebelumnya siapkan saja segelas air putih di samping meja tempat tidur. Jadi ketika bangun pagi nanti, Anda bisa langsung meneguknya.

2. Jalan Kaki Minimal 1000 Langkah atau 30 Menit Setiap Hari

Pastikan Anda melakukan olahraga 1.000 langkah atau setidaknya selama 30 menit setiap hari, terutama setelah makan siang dan malam. Ini agar makanan yang dikonsumsi dapat segera turun dan dilumat oleh alat penggilingan di perut. Tanpa tubuh bergerak, makanan akan tertimbun di dalam perut, yang dapat berakibat pada bertambahnya berat badan. Selain itu, badan pun akan terasa lemas

3. Olahraga Angkat Beban secara Rutin

Olahraga angkat beban tidak hanya diperuntukkan untuk kaum pria saja, tetapi juga wanita. Selain menurunkan berat badan, angkat beban juga baik untuk membentuk otot, asal dilakukan secara tepat dan proporsional sesuai dengan kebutuhan. Bagi yang baru pertama kali mengangkat beban, sebaiknya mendapatkan arahan dari trainer untuk menghindari salah gerakan yang berakibat pada melemahnya otot tubuh. Ikuti instruksi dari trainer untuk mendapatkan bentuk tubuh dan otot yang diinginkan.

4. Pilih Tangga, Tinggalkan Kebiasaan Naik Lift

Naik lift dan eskalator memang enak. Selain menghemat waktu, suasana di dalam lift juga sejuk sehingga tidak membuat tubuh berkeringat. Namun, sadar atau tidak, adanya lift justru membuat Anda malas bergerak. Padahal tubuh harus bergerak aktif untuk mengurangi timbunan lemak. Mulai dari sekarang, tinggalkan kebiasaan naik lift atau eskalator dan biasakan diri naik tangga. Awalnya mungkin terasa melelahkan, tetapi jika sudah terbiasa, tubuh Anda tidak akan merasa lelah sedikit pun.

5. Perhatikan Porsi Makanan yang Disantap

Kebiasaan menyantap makanan dalam porsi besar sebaiknya harus ditinggalkan selama menjalani program diet. Sebab, lebih baik makan dalam porsi yang sedikit tetapi lebih sering, daripada makan dalam porsi yang besar sekaligus. Untuk mengurangi rasa lapar, minumlah segelas air putih sebelum dan sesudah makan. Setelah beberapa jam, Anda bisa makan lagi atau mengonsumsi makanan ringan sehat untuk menghindari rasa lapar yang tak tertahankan.

6. Jangan Terlalu Sering Membuka Kulkas

Kebiasaan ini sering Anda lakukan tanpa disadari. Akibatnya, godaan untuk makan dalam porsi yang lebih besar pun muncul. Daripada program diet gagal total, sebaiknya disiplinkan diri agar tidak terlampau sering membuka kulkas, apalagi di malam hari. Pastikan Anda menyajikan menu makan malam yang mengenyangkan, agar rasa lapar tidak muncul setelah jam makan malam berlalu.

7. Kunyah Makanan secara Perlahan

Jumlah kalori yang diserap oleh tubuh akan bertambah jika Anda terlalu cepat mengunyah makanan. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat Anda cepat lapar, sehingga makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari yang seharusnya. Alangkah baiknya jika Anda mengunyah makanan secara lambat. Selain mengurangi jumlah kalori, makanan yang masuk ke mulut juga terasa lebih nikmat karena Anda benar-benar menikmati makanan yang disajikan di meja makan.

8. Konsumsi Sayur dan Buah secara Tepat

Makanan seperti steak, spaghetti, sosis dan gorengan, sebenarnya harus dihindari untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Sebaiknya ganti menu makanan sehari-hari dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hindari penambahan mayonaise ke dalam sayur atau buah, karena mayonaise mengandung kalori yang tinggi, juga lemak. Ini karena bahan dasar dari mayonaise adalah minyak goreng dan kuning telur.

9. Berpikir Sesering Mungkin Cara terakhir adalah dengan lebih sering berpikir.

Semakin sering Anda berpikir, semakin banyak kalori yang dibuang oleh tubuh, sehingga bobot tubuh dapat turun secara cepat. Namun, berpikirnya harus tetap dalam batasan wajar, agar tidak mengakibatkan stres. Banyak Bergeraklah untuk Membakar Lemak Kegiatan sehari-hari yang sering Anda sepelekan ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya termasuk yang Anda idam-idamkan selama ini tetapi sulit terwujud, yaitu menurunkan berat badan. Sebelum berat badan semakin membengkak, segera terapkan pola hidup sehat. Biasakan diri untuk lebih aktif bergerak agar lemak-lemak yang ada pada tubuh ikut terbakar, hingga tubuh menjadi lebih ramping dan bugar. Selamat mencoba!

Selain 9 kebiasaan yang bisa membantu menurunkan program berat badan  di atas, Healthline menyebut setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat mulai mencoba menurunkan berat badan, antara lain:

1. Kurangi Karbohidrat

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi karbohidrat. Pengurangan karbohidrat bisa dilakukan dengan cara memangkas makanan olahan dan menggantinya dengan makanan utuh.

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi bahwa pola makan rendah karbohidrat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan.

2. Konsumsi Protein

Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat penting untuk menjaga kesehatan dan massa otot sekaligus menurunkan berat badan. Sumber protein sendiri bisa didapatkan dari produk hewani maupun nabati mulai dari ikan salmon, telur, buncis, polong-polongan hingga tahu dan tempe.

3. Konsumsi Sayur dan Lemak

Sayuran dikemas dengan nutrisi yang jika dimakan dalam jumlah banyak pun tak akan meningkatkan kalori dan karbohidrat secara drastis. Berbagai sayuran yang direkomendasikan adalah brokoli, bunga kol, bayam, tomat, kubis, selada, hingga timun.

Selain sayuran Anda juga tetap membutuhkan lemak sehat untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini minyak zaitun dan lemak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk membantu penurunan berat badan Anda.

4. Olahraga

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Mengangkat beban hingga olahraga aerobik memiliki manfaat yang sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme Anda melambat. Sementara beberapa olahraga kardio seperti berjalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta kesehatan secara umum.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar