>

5 Tips Atasi Jerawat Jelang Hari Raya Lebaran

  Senin, 10 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi wajah mulus / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Idul Fitri sebentar lagi akan tiba, lalu bagaimana dengan kondisi wajahmu saat ini guys? Nah, daripada terlambat dan menyesal, mending dari sekarang mulailah perawatan dini untuk mencegah sang jerawat nakal menyerangmu pada hari spesial nanti. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut ini!

1. Hindari Kelebihan minum susu 

Susu memang terbilang sehat untuk dikonsumsi, akan tetapi apabila mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa jadi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa susu dapat menyebabkan risiko munculnya jerawat.

Salah satu penelitian tersebut ada di sebuah Journal of The European Academy Of Dermatology And Venereology. Dalam kajiannya dikatakan bahwa orang yang hobi minum susu dan makan es krim berisiko empat kali lebih besar untuk mengalami jerawat. 

2. Hindari paparan debu dan polusi

Biasanya saat menjelang lebaran, kamu sering keluar rumah untuk membeli persiapan lebaran atau hal lainnya. Entah itu untuk bukber bersama teman-teman, ngabuburit, atau membeli pakaian lebaran dan kue lebaran. 

Nah, tanpa disadari saat keluar rumah, pasti akan banyak debu dan polusi yang memapar wajah. Debu dan polusi tersebut jika kebanyakan akan membuat pori-pori wajah tertutup sehingga menimbulkan jerawat.

Maka dari itu, penting untuk  selalu membersihkan wajah setelah bepergian. Bisa dengan mengombinasikan air hangat dan air dingin. 

 3. Hindari stres

Penyebab yang paling sering membuat munculnya jerawat adalah stres. Mengapa? Karena stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat merangsang minyak berlebih di kulit dan mengundang jerawat datang.

Perlu diketahui bahwa hormon inilah yang menjadi penyebab utama datangnya jerawat. Oleh karena itu, rileks kan diri saat menjelang lebaran. Jangan pikir yang aneh-aneh dulu, ya!

4. Penggunaan perawatan wajah yang salah

Perlu diketahui bahwa merawat wajah memang hal yang diperlukan untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun, jangan sampai salah langkah, niat hati ingin memuluskan wajah akan tetapi malah membuat wajah tambah bermasalah. Mengapa bisa? Karena kesalahan penggunaan perawatan wajah.

Saat ini banyak iklan yang menawarkan produk perawatan sehingga banyak pula orang yang tergiur memakai semua jenis perawatan yang ada. Sehingga, wajah yang berbeda dengan produk akan menyebabkan iritasi bahkan membuat wajah penuh dengan jerawat. 

5. Gunakan bahan alami pencegah jerawat

Daripada menghabiskan uang untuk membeli produk mahal yang belum tentu cocok dengan wajah. Mendingan perawatan dengan bahan-bahan alami saja. Saat ini, sangat banyak bahan-bahan alami yang murah tetapi memiliki khasiat baik untuk wajah.

Misalnya, tumbuhan gel lidah buaya, madu, es batu, minyak kelapa atau air perasan lemon. Semua yang disebutkan bisa dijadikan alternatif yang aman untuk digunakan perawatan wajah. 

Nah, itulah 5 tips mengatasi munculnya jerawat guys. Jadi, jangan sampai hari rayamu diganggu oleh 'makhluk mungil' yang satu ini, ya! 

 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar