>

INSENTIF KARTU PRAKERJA: Selama Lebaran 11—18 Mei Tidak Ada Pencairan & Tunggu Pembukaan Gelombang 17

  Senin, 10 Mei 2021   Eries Adlin
INSENTIF KARTU PRAKERJA: Selama Lebaran 11—18 Mei Tidak Ada Pencairan & Tunggu Pembukaan Gelombang 17(ilustrasi)/instagram prakerja.go.id

TEBET, AYOJAKARTA – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan bahwa selama libur Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 11—18 Mei 2021 tidak ada pencairan insentif kepada para peserta.

Informasi tentang tidak ada pencairan insentif Kartu Prakerja selama libur Lebaran tersebut disampaikan melalui akun Instagram program tersebut, prakerja.go.id. Pembayaran baru akan dilakukan mulai 19 Mei 2021.

Untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri, penyaluran insentif akan libur untuk sementara dari tanggal 11 sampai dengan 18 Mei 2021. Penyaluran insentif yang belum terbayar akan dilanjutkan kembali pada tanggal 19 Mei 2021. Selamat menikmati waktu dengan keluarga ya, Sobat! #SiapDariSekarang.

Demikian narasi yang disampaikan Manajemen Pelaksana melalui akun Instagram prakerja.go.id pada hari ini, Senin 10 Mei 2021.

Sementara itu, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membuka sinyal akan membuka pendaftaran gelombang 17 karena ada lebih dari 44 ribu peserta yang dicabut kepesertaannya selama gelombang 12 sampai gelombang 16.

Sebagai persiapan seandainya Kartu Prakerja Gelombang 17 dirilis pemerintah, ada baiknya kamu pelajari tanya jawab serta tips agar lolos tes dan seleksi Prakerja gelombang 16 seperti dilansir www.prakerja.go.id di bawah ini:

Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Iya, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?

Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit. Kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?

Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Apakah seleksi Gelombang mempengaruhi kelolosan saya?

Tentu, setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota, ya!

Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?

Ya, setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Kamu hanya bisa memilih Gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Cek dashboard akun kamu untuk cek Gelombang yang masih terbuka.

Kalau saya tidak dapat kuota Gelombang, apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?

Tentu kamu boleh mengikuti seleksi Gelombang periode berikutnya. Di setiap Gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu.

Jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran?

Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun kamu.

Jika saya tidak lolos gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya.

Sebelumnya, ada banyak peserta gagal di gelombang-gelombang sebelumnya. Hal ini membuat Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja membeberkan alasannya, salah satunya terkait unggahan berkas KTP.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menggunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar? Berikut Ayojakarta rangkum tipsnya:

1. Foto KTP dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)

2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar diperlihatkan sisi dari tempat mengambil foto)

3. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP

4. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang ditentukan

5. Jika ukuran file foto KTP lebih besar, agar mengubah ukuran terlebih dahulu (compress foto).

Berikut Ayojakarta rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja :

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

• Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang (sesuai gelombang) ' (jika sudah di buka).

Lalu, bagaimana cara bagi yang gagal di 2020 dan ingin kembali mendaftarkan diri di Kartu Prakerja tahun 2021? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun Kartu Prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

• Menuju ke laman dashboard di profile Prakerja masing-masing

• Peserta dapat langsung klik 'gelombang 17' (jika sudah di buka).

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar