Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id, Ini Kata Anies

  Rabu, 12 Mei 2021   Aini Tartinia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan / dok. istimewa

GAMBIR, AYOJAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah pengurus Masjid Istiqlal yang meniadakan salat Idulfitri 2021. Ini sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Sebelumnya, seluruh kepala daerah di Jabodetabek-Cianjur sepakat menganjurkan salat Idul Fitri di rumah atau halaman. Bila keduanya tidak memungkinkan, maka bisa dilaksanakan di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Saya ingin sampaikan apresiasi kepada pengelola Masjid Istiqlal karena tidak mengadakan ibadah salat Idul Fitri terbuka untuk umum. Ini menjadi contoh bagi yang lain. Anjuran kami adalah masyarakat salat di masjid sekitar rumahnya," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 11 Mei 2021 kemarin.

Jika Masjid Istiqlal tetap mengadakan ibadah salat, maka potensi jamaah yang mendatangi lokasi tersebut akan berasal dari tempat jauh karena tempatnya di daerah perkantoran dan fasilitas umum.

"Ini contoh bagi masjid-masjid raya yang lain bahwa kita memprioritaskan warga yang salat Id di dekat rumahnya, di kampungnya, maka jangan bepergian jauh," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar