Screening Menanti Warga yang Masuk ke Jakarta Saat Arus Balik

  Sabtu, 15 Mei 2021   Fichri Hakiim
Ilustrasi (Pixabay)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya akan memperketat dan mengantisipasi arus balik lebaran 2021. Nantinya, petugas akan melakukan screening terhadap pemudik yang akan kembali ke Jakarta

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, mengatakan Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Kodam Jaya guna melakukan screening terhadap setiap warga yang masuk ke Jakarta.

"Kita mengambil langkah-langkah pencegahan berbasis komunitas untuk mengefektifkan 3T, testing dan tracing. Mudah-mudahan kondisi Covid-19 terkendali di Jakarta," jelasnya.

Meski pemerintah telah melarang warga untuk melakukan mudik, jumlah warga yang meninggalkan Jakarta mencapai 1 juta orang lebih. 

"Jadi, ada sekitar 1 juta orang yang berdasarkan data melalui gerbang tol dan bandara, serta stasiun kereta api, termasuk tambahan adalah menggunakan kendaraan roda dua yang melewati Kedungwaringin menuju Jawa. Itu puncaknya terjadi dalam satu Minggu terakhir," ujarnya. 

Fadil menuturkan, sebelum pemberlakuan larangan mudik yaitu tanggal 6 Mei, mobilitas kendaraan di gerbang tol Cikupa maupun Cikarang Barat cukup tinggi, tercatat sekitar 700 ribu kendaraan keluar masuk gerbang tol tersebut. 

"Data penumpang melalui kereta api dan udara itu sekitar 300 ribu," katanya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar