Ini 5 Manfaat Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah

  Senin, 17 Mei 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi tanaman hias (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman hias di dalam rumah sudah lebih dari sebuah hobi. Setidaknya lima sampai tujuh tahun ke belakang, tanaman hias sudah menjadi dekorasi wajib di dalam rumah. Bahkan sebuah komoditas yang menguntungkan.

Terlebih pada masa pandemi ini, yang mana banyak orang mengisi waktu dengan mulai memelihara tanaman hias di dalam rumah. Maupun berjualan tanaman hias yang memang sedang diminati banyak orang.

Dengan demikian, mungkin Anda sering mendengar bahwa tanaman-tanaman hias ini bukan cuma mempercantik interior rumah, tetapi juga punya manfaat-manfaat lain yang tidak terpikirkan sebelumnya. Mulai dari pengaruhnya terhadap kesehatan fisik, mental, sampai kemampuan-kemampuan lain yang tidak disangka.

Dekoruma mengumpulkan lima manfaat yang dapat Anda dan keluarga rasakan ketika meletakkan tanaman hias di dalam rumah. Apa saja?

1. Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah
Salah satu alasan utama pemilik rumah meletakkan tanaman di dalam rumah adalah untuk membersihkan udara di dalam rumah. Ini bukanlah isapan jempol belaka karena sudah banyak penelitian yang mendukung fakta ini.

Polutan-polutan di dalam rumah biasanya adalah asap rokok, karbon monoksida, formaldehyde, benzene, ammonia, dan masih banyak lagi.

Tanaman bromelia adalah salah satu tanaman yang mempunyai kemampuan untuk menetralisir senyawa berbahaya di dalam udara. Begitu juga tanaman-tanaman hias yang lebih populer seperti palem, lili paris, dan lidah buaya yang juga mampu menyerap racun-racun yang bersirkulasi di dalam ruangan.

Tidak hanya zat-zat berbahaya, tanaman-tanaman tertentu juga bisa menghilangkan debu yang juga kalau terhirup dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Misalnya, lidah mertua yang sedang digemari banyak orang, ficus, spider plant, sampai philodendron.

2. Mencegah Stres Saat di Rumah
Dalam situasi pandemi sekarang ini, waktu dan aktivitas lebih banyak dihabiskan di dalam rumah. Baik bekerja maupun aktivitas lain seperti memasak, makan, dan bersantai. Meskipun begitu, situasi yang tidak pasti dan informasi-informasi yang mengkhawatirkan berisiko meningkatkan stres, bahkan saat di rumah.

Berbagai studi menemukan, menempatkan dan merawat tanaman di dalam rumah bisa menimbulkan perasaan aman, tenang, nyaman, dan bahagia. Lebih lanjut, merawat tanaman bisa mengurangi stres karena merupakan salah satu bentuk terapi. Ini dinamakan terapi hortikultura, dan sudah dijadikan pengobatan non-medis untuk mereka yang menderita kecemasan, depresi, dan kondisi mental lainnya.

3. Meningkatkan Produktivitas Bekerja
Manfaat ini banyak disebarkan dari mulut ke mulut atau ditulis dalam artikel. Namun, bagaimana kehadiran tanaman bisa meningkatkan produktivitas bekerja? Tanaman hias memberikan dorongan pada otak untuk lebih produktif.

Sebuah penelitian menemukan bahwa tingkat produktivitas meningkat 15% ketika ada tanaman di meja kerja.

Secara spesifik, peningkatan fokus dan konsentrasi ini disebabkan karbondioksida atau CO2 yang diserap oleh tanaman. Kadar karbondioksida yang berlebih bisa menyebabkan lelah, letih, dan lesu.

Tanaman-tanaman seperti monstera dan lili paris mampu menyerap karbondioksida dan menggantikannya dengan oksigen. Kemudian, meningkatkan fokus dan konsentrasi orang yang bekerja di dalam rumah.

4. Mengurangi Paparan Radiasi Elektronik
Perkembangan teknologi rumah tangga setidaknya satu dekade ini memang pesat. Rumah pintar atau smart home dengan dukungan internet of things bukan lagi satu hal yang sulit dijangkau oleh orang banyak.

Meskipun demikian, salah satu kekurangan dengan banyaknya peralatan elektronik di dalam rumah adalah radiasi yang dikeluarkan. Bayangkan saja, setidaknya dalam sebuah rumah, minimal ada satu TV, modem internet, TV box, lampu berteknologi wifi, komputer, dan masih banyak lagi.

Paparan gelombang elektromagnetik memang tidak secara langsung memberikan efek kesehatan. Namun, paparan dalam jangka panjang berpotensi mengganggu kesehatan.

Ternyata, ada tanaman-tanaman yang bisa mengurangi efek radiasi dari peralatan elektronik ini. Mulai dari suplir, daun sirih, tanaman ivy, sampai kaktus.

5. Membasmi Nyamuk dan Serangga Lainnya
Manfaat terakhir dari meletakkan tanaman di dalam ruangan adalah menjadi penangkal serangga alami. Alih-alih menggunakan bahan kimia yang berbahaya, tanaman-tanaman ini bisa menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Lavender adalah salah satu tanaman yang paling terkenal membasmi nyamuk ataupun serangga lain seperti kecoa. Kandungan linalool dan lynalyl asetat yang dikeluarkan dari aromanya, tidak disukai oleh nyamuk.

Bukan cuma itu, lavender juga menjadi tanaman yang cocok untuk relaksasi. Membantu Anda untuk rileks dan mengatasi susah tidur atau insomnia.

Selain lavender, ada juga selasih, geranium dan bunga krisan yang cantik sebagai dekorasi, sampai rosemary yang juga bisa digunakan sebagai bahan masakan.

Pandemi ini menjadi momentum meningkatnya hobi memelihara tanaman dalam ruangan. Dengan beragam manfaatnya, merawat tanaman di rumah memang bisa menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu selama di rumah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar