Daftar Angka Keberuntungan dan Paling Sial Menurut Budaya Tionghoa, Favoritmu Masuk yang Mana?

  Selasa, 18 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi angka / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Budaya Tionghoa memiliki kepercayaan terkait angka keberuntungan baik untuk urusan keuangan, jodoh, hingga kesehatan. Benarkah nomor 8 paling beruntung?

Dilansir dari Your Chinese Astrology, beberapa nomor dianggap lebih menguntungkan dari yang lainnya karena beberapa sebab, mulai dari cara pengucapan hingga kemiripannya dengan kata lain.

Lalu, mana angka paling memberi keberuntungan?

Angka Paling Menguntungkan: 6, 8, 9

Angka enam, delapan dan sembilan dianggap sebagai angka paling beruntung di China. Semua homofon mereka memiliki arti yang menguntungkan.

Angka 6 yang dilafalkan sebagai 'Liu' berarti halus dan kaya. Di mata orang Tionghoa, itu berarti segala sesuatu akan berjalan dengan lancar. Jadi ketika memilih nomor telepon, orang lebih menyukai nomor 6 di dalamnya.

Delapan memiliki pelafalan yang mirip dengan means (berarti kekayaan dan rejeki dalam bahasa Cina), sehingga orang Tionghoa sangat menyukainya terutama bagi para pebisnis.

Angka 9 yang dilafalkan sebagai Jiu () dalam bahasa Cina berarti kekal, umur panjang, dan keabadian. Dalam budaya Tiongkok, ini dikaitkan dengan Kaisar Tiongkok.

Anda dapat melihat jubah Kaisar memiliki sembilan naga dan Kota Terlarang Beijing memiliki 9.999 setengah kamar. Untuk kekasih biasanya 99, 999, atau 9.999 mawar dikirim untuk mempersembahkan cinta abadi.

Angka yang Paling Tidak Beruntung: 4, 7

Empat dianggap sebagai angka paling sial karena kata untuk kematian terdengar mirip dengan empat dalam bahasa Cina.

Sehingga ketika menyebut angka 4, orang Tionghoa biasanya mengaitkannya dengan kematian. Tidak disukai oleh orang Tionghoa seperti orang barat tidak menyukai angka 13.

Tetapi juga memiliki arti yang baik karena memiliki pelafalan yang sama dengan kata (keberuntungan) dalam bahasa Tionghoa.

Angka sial lainnya adalah tujuh yang artinya hilang. Ini juga memiliki pengucapan yang sama dengan (cheat) dalam bahasa Cina. Jadi dalam kehidupan sehari-hari, orang Tionghoa biasanya menghindari penggunaan nomor tersebut.

Anda dapat melihat bahwa ketika orang Tionghoa memilih nomor untuk telepon mereka, 4 dan 7 paling tidak disukai oleh mereka.

Arti Angka Lain: 0, 1, 2, 3, 5

Zero - Berarti segalanya atau tidak sama sekali. Itu tidak terbatas. Orang China mengira semuanya dimulai dengan 0.

Satu - artinya yang pertama. Ini adalah angka yang paling sederhana tetapi juga yang paling kompleks dalam hal makna budayanya dalam budaya Tionghoa. Itu tidak menguntungkan atau tidak menguntungkan.

Orang-orang menggunakannya untuk menentukan pemenang. Itu juga memiliki arti awal, kesepian, lajang. Misalnya: 11 November adalah hari single di China, karena tanggal tersebut memiliki empat '1' yang berarti single.

Dua - berarti 'ganda', 'kembar' dan 'lagi'. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah angka keberuntungan dalam budaya Tionghoa karena orang Tionghoa menganggap semua hal baik adalah berpasangan. Tetapi di beberapa daerah, orang menggunakan angka ini untuk menggambarkan seseorang yang bodoh dan sembrono yang ironis.

Tiga - adalah angka keberuntungan dalam budaya Tionghoa karena kedengarannya mirip dengan karakter 'kelahiran' ( shng). Untuk kehidupan suatu bangsa, ada tiga tahapan terpenting: kelahiran, pernikahan, dan kematian.

Anda dapat melihat nomor 3 sangat digunakan dalam budaya Cina, sejarah dan banyak lagi: Ada tiga ngarai di Sungai Yangtze; Tiga Orang Bijak dan Tiga Kerajaan dalam sejarah Tiongkok; tiga aula Kota Terlarang di Beijing.

Lima - angka netral dalam budaya Cina. Beruntung karena biasanya berhubungan dengan Kaisar Cina. Ada lima berkah di Tiongkok - kekayaan, kebahagiaan, umur panjang, keberuntungan dan kemakmuran. Juga dalam astrologi Cina, ada lima elemen - Logam, Kayu, Air, Api, dan Bumi. Ada Lima Jenis Biji-bijian Utama di Cina.

Karena memiliki pengucapan yang sama dengan '' tidak berarti apa-apa dalam bahasa Mandarin, ini memiliki arti negatif. Ini juga digunakan untuk berarti 'Saya' karena pengucapan yang mirip dengan '' dalam bahasa Cina.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar