>

Pemprov DKI Minta Maaf Soal Video Paduan Suara di Masjid Istiqlal

  Selasa, 18 Mei 2021   Aini Tartinia
Pemprov DKI Minta Maaf Soal Video Paduan Suara di Masjid Istiqlal/ dok. instagram

GAMBIR, AYOJAKARTA - Paduan suara Jakarta Youth Choir binaan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta yang menyanyikan Asmaul Husna di Masjid Istiqlal menuai polemik.

Pasalnya, paduan suara itu dianggap kurang pas karena ada dari anggota paduan suara beragama non Islam. 

Menyikapi hal ini, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda DKI Jakarta, Muhammad Zen menyampaikan permohonan maaf atas nama Pemprov DKI Jakarta terkait peristiwa tersebut.

"Tidak ada maksud lain dari adik-adik JYC dalam pembuatan video tersebut, selain untuk menyemarakkan suasana lebaran dan semangat Jakarta sebagai kota kolaborasi," kata Zen lewat keterangan tertulis, Selasa 18 Mei 2021.

Zen menambahkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga telah menyampaikan permohonan maaf karena ikut mengunggah video tersebut melalui akun Instagram resminya.

"Ini pelajaran berharga bagi kami, agar ke depannya lebih berhati-hati lagi," ungkap Zen. 

Zen menegaskan, saat pengambilan gambar tidak ada suara nyanyian atau iringan musik yang dilakukan. Karena, nyanyian tersebut telah direkam sebelumnya di studio. 

Pada saat pelaksanaannya, ada improvisasi dan inisiatif JYC yang kurang didasari pengetahuan, serta kurangnya pengawasan, sehingga melakukan pengambilan gambar di dalam masjid.

"JYC mengakui memiliki pengetahuan yang kurang perihal ini, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat, terutama umat Islam," kata Zen. 

"Karena itu, JYC meminta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh umat Islam, pengurus Masjid Istiqlal, juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Peristiwa ini telah memberi pelajaran bagi JYC untuk tidak mengulangi hal serupa di kemudian hari," tutup Zen.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar