>

Baru Pulang Mudik? Begini Cara Isoman yang Benar untuk Cegah Penularan Covid-19

  Selasa, 18 Mei 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi pandemi covid-19 / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Aktivitas masyarakat pasca-lebaran berangsur normal pekan ini. Para pemudik pun sudah kembali dari kampung halamannya masing-masing. 

Namun di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, mereka harus melakukan isolasi mandiri terlebih dulu sebelum melakukan kegiatan seperti biasa. Hal ini untuk mengantisipasi risiko penularan Covid-19.  

Dikutip Ayojakarta dari akun Instagram @pandemictalks yang diunggah pada Senin, 17 Mei 2021, pemudik haruslah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari setelah sampai di tempat tujuan.

"Masa isolasi mandiri dapat dipersingkat dengan melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) pada hari ke-5 pasca isolasi mandiri," tulis akun tersebut. 

Perlu diketahui, jangan melakukan tes PCR terlalu cepat sebab gejala atau hasil negatif yang keluar bisa jadi tidak valid.

Setelah melakukan tes PCR dan hasil yang keluar negatif serta tidak ada gejala yang muncul, maka isolasi mandiri dapat diakhiri pada hari ke-7. Meskipun resiko untuk terinfeksi atau menulari penyebaran Covid-19 mungkin masih ada, namun kemungkinannya sangatlah kecil.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan hand sanitizer atau air bersih.

Sebaliknya, jika tidak ada tes PCR yang tersedia maka kamu bisa melakukan isolasi mandiri selama 14 hari lamanya. Namun jika ada gejala yang timbul selama proses karantina berlangsung, segeralah hubungi fasilitas kesehatan terdekat.

Mulai saat ini, mari sama-sama menjaga dan sadar diri demi kesehatan kamu dan orang-orang tersayang. Jangan langsung beraktivitas dan pastikan semuanya aman serta tidak membawa virus corona untuk orang lain.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar