BST Kemensos Juni 2021: Ahli Waris Bisa Cairkan Bantuan & Cek Daftar Penerima di Sini

  Sabtu, 22 Mei 2021   Yogi Faisal
BST Kemensos Juni 2021: Ahli Waris Bisa Cairkan Bantuan & Cek Daftar Penerima di Sini (ilustrasi)/republika/prayogi

BOGOR, AYOJAKARTA – Bantuan sosial tunai yang disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) diperpanjang sampai dengan Juni 2021. Ada perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah terkait dengan penerima yang ternyata telah meninggal dunia.

Para calon penerima BST Rp300 ribu dapat mengecek daftar penerima melalui laman yang sudah ditentukan yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Untuk penyaluran BST Kemensos senilai Rp300 ribu untuk Mei dan Juni 2021, ahli waris penerima yang meninggal dapat mencairkan bantuan tersebut. Pada penyaluran periode sebelumnya hal itu tidak bisa dilakukan.

Kepala Bidang Perlindungan Sosial Keluarga dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Bogor Sumartini mengatakan ahli waris bisa menerima BST Kemensos Rp300 ribu pada Mei dan Juni diputuskan pemerintah berdasarkan hasil evaluasi pendistribusian pada April

Dasar pemikiran ahli waris bisa mencairkan BST Kemensos Rp300 ribu pada Mei dan Juni adalah keluarga yang ditinggalkan tetap memerlukan bantuan tersebut.

“Kalau periode April kemarin, saat penerima BST Kemensos Rp300 meninggal dunia secara otomatis bantuan ini akan kembali ke kas negara. Nah kalau periode Mei hingga Juni ini bisa diwakilkan oleh ahli warisnya, karena beberapa pertimbangan. Tapi tetap ada syaratnya," katanya kepada Ayojakarta, Jumat 21 Mei 2021.

Setidaknya ada beberapa syarat yang mesti dilakukan dan dipenuhi oleh ahli waris, saat hendak melakukan pencarian BST Kemensos Rp300 ribu. Mulai dari melampirkan KTP penerima yang meninggal dunia hingga melampirkan Kartu Keluarga (KK).

"Jadi saat pencairan, minimal ahli waris ini harus berada dalam satu KK dengan penerima yang meninggal duni. Serta melampirkan KTP penerima, sebagai bukti kalau ia betul-betul berstatus sebagai penerima BST Kemensos Rp300," ujarnya. 

Berikut syarat-syarat yang mesti dipenuhi ahli waris saat akan melakukan pencairan BST Kemensos Rp300 ribu:

1. Menunjukkan KTP penerima (yang meninggal dunia)

2. Menunjukkan KTP ahli waris (yang mewakilkan pencairan)

3. Melampirkan KK 

4. Antara ahli waris dan penerima BST Kemensos harus berada dalam satu KK yang sama

5. Antara ahli waris dan penerima BST Kemensos tidak boleh berada di KK berbeda

Sebelumnya, Kemensos memastikan BST senilai Rp300 ribu akan dikucurkan pada Juni 2021. Awalnya, penyaluran BST Rp300 ribu direncanakan berakhir Mei 2021. Namun, sejalan dengan tujuan meningkatkan produktivitas masyarakat pada masa Covid-19 pemerintah kembali menyalurkan bantuan tersebut.

Para calon penerima BST Rp300 ribu dapat mengecek namanya melalui laman yang sudah ditentukan, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lengkapi data yang dibutuhkan yang terdiri dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  2. Mengisi nama lengkap sesuai KTP
  3. Masukkan 4 kode berupa huruf dan angka sesuai kotak kode yang tertera
  4. Apabila huruf kode kurang jelas, kamu dapat klik kotak kode tersebut untuk memperoleh kode baru, lalu klik "Cari"
  5. Nanti muncul hasil pencarian data, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima
  6. Apabila telah menerima bansos, pada kolom keterangan akan muncul status "Sudah Salur" sesuai jenis program bansosnya. Sistem tersebut akan mencocokkan nama KPM dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama database Kemensos

Untuk menyalurkan BST Rp300 ribu, Kemensos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Jadi, apabila Anda termasuk sebagai penerima, segera datangi ke Kntor Pos terdekat dengan membawa surat undangan dan KTP, atau KK. Selanjutnya, petugas akan melakukan scan code QR yang tercantum di surat undangan untuk mencairkan BST Rp300 ribu tersebut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar