Mulai Menunjukkan Gejala, Belasan Warga Perumahan Griya Melati Bubulak Dievakuasi Satgas Covid-19

  Minggu, 23 Mei 2021   Yogi Faisal
Kondisi Perumahan Griya Melati, Bubulak, Kota Bogor, nampak dari pintu masuk utama/ Yogi Faisal

BOGOR BARAT, AYOJAKARTA - Satgas Covid-19 Kota Bogor kembali melakukan langkah cepat dalam penanganan kasus positif covid-19 yang terjadi di Perumahan Griya Melati, Bubulak, Kota Bogor.

Setelah sebelumnya pembatasan aktivitas dan karantina wilayah diberlakukan di Perumahan Griya Melati, Bubulak tersebut. Kali ini sebanyak tujuh warga dievakuasi Satgas Covid-19 Kota Bogor, ke pusat isolasi covid-19 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ciawi, Sabtu 22 Mei 2021 malam tadi.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, evakuasi dilakukan atas rekomendasi tim dan atas berbagai pertimbangan. Salah satunya semula pasien tanpa gejala, kini lambat laun memiliki sejumlah gejala sehingga membutuhkan penanganan khusus.

"Warga yang sudah terkonfirmasi positif kami evakuasi ke pusat isolasi atas rekomendasi tim karena berbagai pertimbangan. Seperti kondisi rumah yang kurang aman karena bercampur dengan yang sehat, hingga warga-warga tersebut mulai menunjukkan sejumlah gejala," katanya, Sabtu 22 Mei 2021 malam.

Dengan demikian dari 46 warga Perumahan Griya Melati yang telah dinyatakan positif, sebanyak 12 orang telah dilakukan perawatan di rumah isolasi di BPKP Ciawi dan satu pasien yang mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Seperti diberitakan sebelumnya, semula kasus positif covid-19 di Perumahan Griya Melati, Bubulak, Kota Bogor berjumlah 25 orang, kemudian bertambah menjadi 38 orang, kini jumlah kasus positif di Perumahan Griya Melati Bubulak menjadi 46 orang.

"46 orang ini didapat dari pemeriksaan Satgas Covid-19 Kota Bogor terhadap 188 lebih warga yang sempat memiliki kontak erat," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Dari 46 orang yang telah dinyatakan positif, mereka berasal dari 15 rumah lebih yang berbeda di Perumahan Griya Melati Bubulak.

Bima Arya juga meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk melakukan kajian mendalam terkait kasus positif covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak itu.

Dirinya mengaku khawatir, jika virus covid-19 yang menjangkit 46 warga Perumahan Griya Melati Bubulak itu, merupakan virus covid-19 varian baru mengingat proses penyebarannya yang tergolong cepat.

"Kami khawatir ini virus covid-19 jenis baru. Maknanya kami minta Dinas Kesehatan untuk mendalami ini. Karena penyebarannya cepat dan penularannya banyak. Makannya saya kira kita perlu ambil langkah-langkah khusus," tutupnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar