Ini Alasan Anies Angkat Tema Jakarta Bangkit pada HUT ke-494 DKI

  Selasa, 25 Mei 2021   Aini Tartinia
Ini Alasan Anies Angkat Tema Jakarta Bangki pada HUT ke-494 DKI

GAMBIR, AYOJAKARTA - Menjelang HUT ke-494 DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan alasan pemilihan tema Jakarta Bangkit.

Pada tahun lalu, Pemprov DKI mengambil tema Jakarta Tangguh. "Jadi tahun lalu kita dalam masa ujian yang relatif tantangannya baru. Jakarta pernah melewati beberapa bencana wabah seperti kemarin ya baru sekarang. Karena itu kita tangguh di masa sekarang. Sekarang kita menengok ke belakang melihat bahwa satu tahun kemarin landai kegiatan ekonomi turun, kegiatan sosial berkurang, aktivitas kebudayaan berkurang. Kalau diilustrasikan seperti sesuatu yang turun ke bawah, bayangannya begitu. Turun karena kondisi akibat tantangan kesehatan," urai Anies di akun YouTube Pemprov DKI, Senin 24 Mei 2021.

Pada tahun ini, dia melihat Ibu Kota akan bangkit baik dari ekonomi, sosial maupun budaya.

"Tahun ini kita mulai membayangkan sebagai tahun di mana kita mulai bangkit ke depan. Kegiatan perekonomian mulai meningkat, aktivitas sosial meninggi, aktivitas kebudayaan kembali bermunculan. Kami membayangkan pada saat kita turun kita memilih bertahan dan tangguh, pada saat sekarang kita mulai bangkit," ujar Anies. 

Dia juga menganalogikan apa yang terjadi di Jakarta setahun terakhir seperti penampilan sendratari di awal pembukaan acara pencanangan HUT DKI Jakarta, di mana penampilan itu menunjukkan perjuangan warga Jakarta dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Dan tadi kalau dibilang sendratari itu mengilustrasikan betul masa di mana kita ceria berkegiatan tidak lama datang serombongan virus yang kemudian menjangkiti semuanya. Lalu muncul secara bertahap imunitas kolektif lewat vaksinasi, lewat imunitas yang pernah terinfeksi menjadi imun," katanya.

Anies Baswedan optimistis Jakarta segera bangkit dari keterpurukannya setelah diserang Covid-19.

"Inilah kita mulai bangkit. Kami berkeyakinan Jakarta mulai bangkit dan Jakarta besok justru Jakarta yang baik dan bangkit dari sebelum pandemi. Karena kita terlatih menghadapi tantangan yang tidak kecil," ucapnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar