Cek! 5 Bahan Alami yang Bisa Hilangkan Flek dan Bikin Wajah Putih Alami

  Rabu, 26 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Tahukah Anda bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan flek hitam dan membuat wajah glowing dan putih alami?

Seperti diketahui, flek hitam termasuk salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon, termasuk genetik.

Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan asupan yang bisa didapatkan dari berbagai bahan alami. Selain mudah, cara ini juga dinilai lebih ramah kantong dan bisa dilakukan kapan saja di rumah.

Namun, menurut Pakar Dermatologis dr Richard Lee, MARS, pemakaian bahan alami untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak, hal tersebut malah dapat mengiritasi kulit, yang menyebabkan kulit kemerahan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mengenai apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk flek hitam. Berikut lima herbal yang bisa menghilangkan flek di wajah, seperti yang dirangkum dalam video di kanal YouTube dr Richard Lee. Simak di halaman selanjutnya.

1. Lemon 

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang dikenal pula sebagai tanaman obat (herbal) memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan memghilangkan flek hitam di wajah. Bahkan, kata dr Richard, di dalam lemon juga terdapat anti inflamasi.

Sederet manfaat lemon lainnya bagi kecantikan ialah dapat menghilangkan sebum, mengurangi lemak di wajah sehingga menghindari terbentuknya komedo, hingga anti jamur.

"Tapi pH-nya ini asam banget, 9 sampai 10 dan akhirnya bisa mengiritasi kulit kalian dan nantinya akan terjadi fotosensitivitas, dimana saat terkena matahari akan berkali-kali lipat damage-nya, sehingga malah timbul flek," jelas dia.

Meski dalam lemon ada kandungan yang kaya manfaat, risiko membuat kulit kemerahan, sensasi seperti terbakar hingga menimbulkan flek, kata dr Richard, juga cukup tinggi.

"So kalo menurut saya, lemon ini ada manfaat, dari antioksidan dan vitamin C-nya, yang sebenarnya kamu bisa dapetin itu di krim kosmetik atau skincare," jelas dia.

2. Kunyit

Antioksidan dan antiinflamasi yang ada di dalam kunyit, kata dr Richard, memiliki kandungan yang kuat. Ini sebabnya kunyit dapat efektif sebagai penyembuhan nyeri sendiri dan peradangan lain seperti bengkak-bengkak. Bahkan, meski tak ada kandungan yang mencerahkan, seperti vitamin C, arbutin atau glutathione, kata dr Richard, kulit dapat cerah hanya dengan 3 minggu pemakaian rutin.

"Jadi, setelah dicari lebih dalam, ternyata antioksidan dan antiinflamasi yang terlalu kuatlah yamg membuat kulit kita menjadi sehat. Ternyata kulit kita tuh nggak butuh skin skin brightening, cukup disehatkan saja, nutrisinya dicukupkan, akan lebih glowing," ungkapnya.

3. Bawang putih

Bawang putih dapat menyembuhkan jerawat, menghilangkan jerawat dan bekasnya hingga bermanfaat untuk membersihkan komedo, karena kandungan antiseptik dan antiiflamasi di dalamnya.

Bukan cuma itu, kata dr Richard, bawang putih juga mengandung sulfur dan alisin yang memang bermanfaat untuk kulit.

"Tapi kalau dipakai terlalu lama ini akan asam dan akan terbakar kulit kita, dan akhirnya jadi merah, jadi iritasi dan akhirnya fotosensitivitas mataharinya tinggi dan akhirnya malah jadi flek," kata dia.

Jadi, jika ingin mengambil manfaat dari bawang putih, dr Richard, menyarankan untuk menggunakan krim yang mengandung zat bermanfaat dari bawang putih, sehingga efek sampingnya tidak ikut terambil.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki fungsi melembapkan, mencerahkan, hingga membantu untuk penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan tanaman tersebut mengansung antioksidan dan antiinflamasi.

"Di dalam lidah buaya juga ada vitamin C, tapi bedanya dia nggak asam, pH-nya 3-4, jadi lebih ringan dan adem saat diaplikasikan," ungkap dr Richard.

5. Madu

Memiliki kandungan gula dan osmolaritas yang tinggi, membuat madu dapat digunakan untuk membunuh bakteri, virus, jamur dan mikroba, sehingga tidak tumbuh di luka. 

Madu juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen, sehingga membuat luka lebih cepat tertutup.

Selain itu, manfaat kecantikan madu lainnya juga bisa melembapkan dan mencerahkan kulit, baik dari dalam maupun luar.

"Tapi madu teksturnya lengket, sehingga tak nyaman saat digunakan dan merepotkan. Saat ini banyak skincare yang sudah menggabungkan zat alami madu dengan lainnya, yang menawarkan manfaat terbaik," tutup dia.

Itulah lima tanaman obat yang bisa membantu menghilangkan flek hitam dan membuat wajah glowing serta putih alami asalkan dimanfaatkan secara teratur dan tidak berlebihan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar