Anggota DPRD Kabupaten Bogor Minta Pembangunan RSUD Bogor Utara Tetap Dilanjutkan

  Rabu, 26 Mei 2021   Yogi Faisal
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Muad Khalim / Yogi Faisal

BOGOR, AYOJAKARTA - DPRD Kabupaten Bogor meminta dan mendorong agar pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bogor Utara tetap dilanjutkan, meski tersiar kabar proyek tersebut batal dilakukan. 

Ketua komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Muad Khalim mengatakan, pembangunan RSUD Bogor Utara di Kecamatan Parung tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kemudahan dan pelayanan kesehatan. 

Berdasarkan data Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, lahan yang nantinya bakal digunakan sebagai lokasi pembangunan RSUD Bogor Utara berasal dari Penyerahan Sarana, Prasarana, dan Utilitas (PSU) PT Kurnia Mina Sejahtera.

"Lahannya seluas 1,6 hektar dari 2,93 hektar yang berasal dari PSU PT Kurnia Mina Sejahtera. Lahannya sudah clear and clean, tinggal dibangun saja," katanya, Rabu 26 Mei 2021.

Selain itu, dia juga meminta Pemerintah Kabupaten Bogor untuk gesit mengerjakan proyek tersebut sebab anggarannya sudah disiapkan oleh provinsi. 

"Total biaya yang direncanakan dari Bappedalitbang sebesar Rp143 milliar yang bersumber dari APBD Provinsi, Tahap awal akan di bangun 1 gedung 3 lantai untuk 150 bed pasien dengan anggaran Rp 109 milliar," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina menyampaikan, pihaknya tengah berupaya melakukan percepatan pembangunan RSUD Parung dengan dinas-dinas terkait. 

"RSUD Bogor Utara tetap dilakukan pembangunannya, jadi kita sudah bisa laksanakan lelang di bulan Juni 2021 dan berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait seperti DPKPP dan BPKAD," kata dia. 

Mike juga mengaku Pemerintah Kabupaten Bogor optimis, proyek besar itu akan selesai pada tahun ini dengan sisa waktu hanya tinggal enam bulan lagi. 

"Kita harus harus optimis, Banprov ini hanya untuk tahap 1 dulu gedung A sebesar  Rp112 miliar tapi belum termasuk Alat Kesehatan (Alkes). Tahun depan dan selanjutnya dilanjut dengan gedung B dan C dengan total anggaran keseluruhan sebesar Rp400 miliar," ujar dia. 

 

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar