--> -->

Begini Cara Menjaga Prokes Kalau Naik Kendaraan Pribadi

  Kamis, 27 Mei 2021   Firda Puri Agustine
Ilustrasi memakai masker / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa ditemukan dimana-mana, tanpa pernah kita ketahui. Untuk itulah, menerapkan protokol kesehatan secara ketat sangat diperlukan. Tak terkecuali saat kita naik kendaraan pribadi. 

Kandidat Doktor dari Fakultas Ilmu Kesehatan Kobe University dr Adam Prabata menjelaskan bahwa penularan Covid-19 dapat terjadi akibat aliran udara di dalam mobil dengan beberapa situasi.

“Penularan bisa terjadi dari pengendara ke penumpang, dari penumpang ke pengendara, dan dari penumpang ke penumpang,” kata dr Adam seperti dikutip Ayojakarta dari laman Instagram-nya, Kamis 27 Mei 2021. 

“Risiko akan sangat meningkat pada situasi tidak ada jendela yang dibuka,” tambahnya. 

Lantas, bagaimana kita bisa tetap aman naik kendaraan pribadi, tapi juga meminimalisir penyebaran Covid-19? 

dr Adam mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya membatasi jumlah penumpang dan atur jarak antara mereka. 

“Semakin banyak orang, maka risiko penularan juga semakin tinggi. Kalau bisa hindari naik kendaraan pribadi bersama orang-orang yang tidak tinggal serumah,” ujarnya. 

Selain itu, atur ventilasi dan sirkulasi udara di dalam kendaraan pribadi. 

“Buka semua jendela kalau memungkinkan. Bisa juga atur AC kendaraan dalam pengaturan non-recirculation mode,” kata dr Adam. 

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah melakukan disinfeksi kendaraan pribadi, terutama bagian yang sering disentuh oleh tangan seperti setir atau gagang pintu. 

“Jangan lupa juga selalu gunakan masker bila ada orang yang sehari-hari tidak serumah, berada dalam kendaraan yang sama,” ujarnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar