Tak Boleh Langsung Minum Kopi usai Bangun Tidur, Ini Alasannya!

  Jumat, 28 Mei 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi Kopi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari, bahkan para pecinta kopi kerap menjadikannya sebagai minuman pertama yang dinikmati selepas bangun tidur. Namun sayangnya, kebiasaan itu tidak direkomendasikan oleh para ahli.

Dalam Kelas Master Global Wellness Summit yang berfokus pada ilmu tidur, pakar tidur dan psikolog klinis Michael Breus membahas tentang pentingnya minum secangkir air putih, bukan secangkir kopi, setelah bangun tidur. Alasannya bukan hanya karena air sangat baik, namun tidur itu sendiri peristiwa dehidrasi. Jadi ketika bangun tidur, air putih lah yang bisa mengembalikan hidrasi tubuh.

“Kita kehilangan hampir satu liter air setiap malam, jadi kita bangun dengan dehidrasi. Sayangnya banyak orang suka mengambil secangkir kopi sebagai cairan pertama yang masuk ke dalam tubuh mereka,” kata Michael Breus seperti dilansir dari laman Well and Good pada Selasa (6/4).

“Ingat teman-teman, kafein bersifat diuretik, membuat Anda ingin buang air kecil. Jadi, bukan ide yang baik untuk melakukan itu,” tambah dia.

Jika Anda beranggapan bahwa kopi bisa memberi kewaspadaan penuh di pagi, itu juga keliru. Secara teknis, tingkat kortisol tubuh di pagi hari paling tinggi antara 38 hingga 70 persen. 

Jadi alih-alih membuat Anda terjaga, menjadikan kopi sebagai minuman pertama setelah bangun tidur malah bisa meningkatkan stress dan kecemasan. Lalu bagaimana jika Anda sulit menghilangkan kebiasaan ngopi di pagi hari? Dr Breus menyarankan agar Anda minum dua gelas air putih dulu, setelah itu baru boleh minum kopi.

“Jika Anda merasa air putih itu minuman yang membosankan dan tidak enak, Anda bisa menambahkan air putih dengan perasan lemon untuk tambahan vitamin C. Setelah itu Anda baru bisa menyeduh kopi,” kata dr Breus.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar