Menteri Sandiaga Ditemani Raffi Ahmad Sambangi Desa Wisata Tugu Selatan

  Jumat, 28 Mei 2021   Yogi Faisal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (kanan), bersama Raffi Ahmad (ketiga kiri) saat menyambangi Desa Wisata Tugu Selatan./ayobogor/yogi faisal

CISARUA, AYOJAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyambangi Desa Wisata Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat 28 Mei 2021.

Kedatangan Sandiaga ke Bumi Tegar Beriman tak lain untuk menyosialisasikan program anugerah desa wisata Indonesia 2021, sebagai salah satu program yang dinilai dapat mendongkrak potensi wisata daerah berbasis desa.

Menteri Sandiaga mengatakan anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit, program itu diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. 

"Kami mengajak kepada pemerintah daerah, agar mulai menggali potensi-potensi wisata yang ada di wilayah, untuk kemudian digunakan menjadi salah satu ujung tombak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya, Jumat 28 Mei 2021.

Sandiaga Uno menilai desa wisata merupakan salah satu elemen pariwisata yang cukup menjanjikan. Mengingat setiap desa di setiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal, adat, budaya dan tradisi yang berbeda-beda, yang bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat mendatangkan wisatawan.

Dipilihnya Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, lantaran desa ini dikenal sebagai desa wisata berkembang, yang memiliki banyak sekali daya tarik wisata bagi wisatawan lokal dan internasional. 

Selain itu Desa Tugu Selatan memiliki souvenir fashion berupa batik dengan motif khas komuditas dari perkebunan Gunung Mas Bogor. Desa Tugu Selatan juga memiliki daya tarik di bidang produk kriya seperti lukisan bakar dan karya seni lainnya. 

Selain itu, Desa Tugu Selatan memiliki wisata atraksi budaya yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Desa Tugu Selatan secara digital juga berkembang karena memiliki website dan kanal Youtube mengenai informasi kegiatan di desa wisata. 

Fasilitas itu bisa menjadi preferensi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Tugu Selatan. Selain itu di kawasan itu banyak tersedia homestay sebagi tempat istirahat dan penginapan untuk wisatawan.

"Melalui kegiatan sosialisasi ini kami harapkan akan membangkitkan minat dari desa-desa yang ada di seluruh Indonesia untuk mulai mengadaptasi konsep desa wisata untuk meningkatkan nilai tambah desanya masing- masing.”

Bagi desa yang sudah menerapkan konsep desa wisata, Menteri Sandiaga menyarankan agar mendaftarkan ke program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sekaligus menginspirasi desa-desa wisata lainnya.

Menurut Sandiaga, ajang Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah," tutupnya.

Dalam kunjungannya itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno juga didampingi Raffi Ahmad. Keduanya juga sempat mengunjungi pusat kerajinan tangan, lukisan bakar hingga proses pembuatan batik khas Desa Tugu Selatan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar