Hari Ini Uji Coba Lintasan Road Bike di Jalan Layang Kampung Melayu – Tanah Abang

  Minggu, 30 Mei 2021   Eries Adlin
Hari Ini Uji Coba Lintasan Road Bike di Jalan Layang Kampung Melayu – Tanah Abang (ilustrasi)/beritajakarta.id/rezaa hapiz

TEBET, AYOJAKARTA – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba lintasan road bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang tahap kedua pada Minggu (30 Mei 2021). Waktu dan rute masih sama dengan pelaksanaan uji coba sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pelaksanakan uji coba tahap kedua dimulai pukul 05.00-08.00 WIB. Uji coba kedua ini bertujuan kembali mendapatkan masukan dan gambaran dari penggiat sepeda secara lengkap baik dari sisi operasional maupun teknis pelaksanaan lintasan Road Bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang ke depan.

“Kami harapkan pada uji coba kedua kita kembali menerima masukan dari komunitas atau peserta dalam rangka menyempurnakan penyelenggaraan ini," ujarnya, Sabtu (29 Mei 2021), seperti dilansir beritajakarta.id.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi uji coba tahap pertama pihaknya melakukan penambahan rambu dan perbaikan jalan. “Ada beberapa hal terkait sarana prasarana yang akan dilengkapi seperti rambu hingga perbaikan perkerasan jalan atau lintasan.”

Uji coba pertama lintasan road bike Jalan Layang Kampung Melayu – Tanah Abang dilakukan pada 23 Mei 2021. Sebanyak 19 komunitas sepeda ambil bagian dalam kegiatan itu.

“Saat uji coba tahap awal ini saya mendapat informasi ada sekitar 19 komunitas yang ikut melakukan uji coba hari ini. Melalui uji coba ini kami ingin banyak masukan dari penggiat sepeda terkait perbaikan yang perlu dilakukan,” ujarnya, Minggu (23 Mei 2021).

Syafrin menjelaskan lintasan road bike ini merupakan wujud pemerintah hadir di tengah-tengah animo masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai alat olahraga maupun mobilitas hariannya.

Sebelumnya, para penggiat sepeda khususnya road bikers beraktivitas di ruang lalu lintas dengan kecepatan tinggi bergabung dengan kendaraan bermotor lainnya sehingga aspek keselamatan dan keamanannya terabaikan.

“Tentu setelah uji coba ini kami akan melakukan improvement terhadap fasilitas yang ada termasuk mendapat masukan secara lengkap dari para penggiat sepeda,” terangnya.

Salah seorang pesepeda dari komunitas Mula Cycling, Sando (58) menyambut baik uji coba JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang sebagai lintasan road bike.

Lintasan ini bisa dimanfaatkan untuk sepeda balap, berbeda dengan jalur sepeda Sudirman-Thamrin yang harus bercampur dengan berbagai jenis sepeda lainnya, bahkan kendaraan bermotor.

“Rute ini lebih baik untuk road bike, bisa dibuat rutin dan dipermanenkan setelah ada perbaikan-perbaikan jalan,” ujarnya seperti dikutip beritajakarta.id.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar