Ini Isi Lengkap Surat Kepala BKN tentang Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda!

  Senin, 31 Mei 2021   Eries Adlin
Ini Isi Lengkap Surat Kepala BKN tentang Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda! (ilustrasi)/ayobandung/irfan al faritsi

TEBET, AYOJAKARTA – Jadwal pendaftaran dan proses seleksi CPNS, sekarang disebut calon aparatur sipil negara (CASN), dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) resmi ditunda oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sementara itu, tidak ada kejelasan sampai kapan penundaan tersebut berlangsung. Informasi tersebut juga tidak disampaikan dalam surat Kepala BKN yang menyatakan jadwal pendaftaran dan proses seleksi calon pegawai negeri (CPNS) dan PPPK dtunda.

Surat Kepa BKN tertanggal 28 Mei 2021 itu dikirimkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah.

Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-Guru, dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oleh Pemerintah serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut.”

Demikian keterangan yang disampaikan Kepala BKN dalam butir 8 surat penundaan jadwal pendaftaran dan prosesl seleksi CPNS dan PPPK yang didapat Ayojakarta.

Berikut ini foto surat Kepala BKN yang dilansir oleh akun Twiter BKN, @BKNgoid, pada Sabtu 29 Mei 2021:

Sebelumnya, kabar penundaan jadwal pendaftaran dan prosesl seleksi CPNS dan PPPK sudah disampaikan oleh akun @BKNgoid, pada Jumat 28 Mei 2021.

TIPS MENDAFTAR

Meski jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK ditunda, masyarakat yang ingin ikutan seleksi sebaiknya mempelajari tips agar bisa lolos seleksi penerimaan CASN 2021.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat (Jabar) Hermin Wijaya memberikan sejumlah tips kepada masyarakat yang berminat mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabar 2021.

Tips pertama adalah semua calon pendaftar harus memenuhi persyaratan administrasi dengan lengkap. Menurut Hermin, banyak calon peserta seleksi yang gugur antara lain karena mendaftarkan diri ke formasi yang tidak sesuai dengan jurusan yang dimiliki.

“Banyak juga yang tidak sesuai aturan. Misal foto harus berlatar belakang merah, tapi banyak yang tidak sesuai," ucap Hermin, dalam keterangan resminya, Kamis, 27 Mei 2021, seperti dilansir Ayobandung, jaringan Ayo Media Network.

"Sekarang sudah pakai perbekasan digital. Pada saat scan berkas, pendaftar harus memastikan berkas terlihat jelas dan dapat dibaca tim seleksi. Jangan sampai hasil yang di-scan itu tidak jelas" imbuhnya. 

Jika lolos administrasi dan masuk tahapan seleksi, Hermin meminta pendaftar untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Mulai dari belajar dengan sungguh-sungguh sampai mempersiapkan kondisi fisik saat pelaksanaan. 

"Jangan mendaftar mepet dengan waktu batas pendaftaran. Kemudian saat mengakses situs diusahakan di luar jam kerja.  Saat seleksi ujian, itu jangan tergesa-gesa. Liat ujian kapan. Persiapkan. Apa yang dipersyaratkan, ATK dan lain-lain harus disiapkan juga," ucapnya. 

Hermin mengimbau kepada masyarakat untuk mengakses informasi terkait seleksi CPNS dan PPPK ke situs-situs resmi, seperti situs resmi BKD Jabar. Selain itu, ia menegaskan pendaftaran CPNS dan PPPK gratis dan tidak dipungut biaya.

"Ini semua gratis, tidak ada biaya. Tidak ada biaya. Betul-betul free. Kalau ada yang minta biaya, itu tidak valid dan tidak resmi. Kejadian-kejadian itu ada. Selalu ada. Itu sudah tidak zaman. Sekali lagi, ikuti informasi CPNS dan PPPK di lingkungan Pemda Provinsi Jabar dari BKD Jabar," ucapnya. 

JADWAL SEMULA

Awalnya, jadwal pendaftaran calon PPPK dan CPNS 2021 termasuk untuk guru sudah dirilis oleh pemerintah yakni pada akhir Mei. Anda ingin mendaftar? Silakan akses laman resmi yaitu https://sscasn.bkn.go.id/.

Anda yang ingin menjadi CPNS dan PPPK termasuk menjadi guru tentu harus memantau terus jadwa pendaftaran dan proses penerimaan yang sudah disampaikan oleh pemerintah.

Berikut adalah informasi pendaftaran CPNS 2021 terbaru seperti yang dilansir suara.com:

  • Pengumuman Seleksi: 30 Mei - 13 Juni 2021
  • Pendaftaran Seleksi: 31 Mei - 21 Juni 2021
  • Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasilnya : 1 Juni - 30 Juni 2021
  • Masa Sanggah: 1 Juli - 11 Juli 2021

Jadwal Ujian CPNS 2021

SKD CPNS (CAT BLN): Juli - September 2021

  • Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru (CAT BKN): Juli - September 2021
  • Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud)
  • Tes 1: Agustus 2021
  • Tes 2: Oktober 2021
  • Tes 3: Desember 2021

SKB CPNS : September - Oktober 2021

  • Penentuan Lulus CPNS 2021
  • Pengumuman Akhir dan Masa Sanggah: November 2021
  • Penetapan NIP CPNS atau Nomor Induk PPPK: Desember 2021

Pendaftaran penerimaan CPNS 2021 dan PPPK 2021 hanya dilakukan melalui satu pintu dan terpadu melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Berikut 5 hal penting untuk menghadapi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 yang dilansir oleh Badan Kepegawaian Neara (BKN) beberapa waktu lalu:

1. Satu portal pendaftaran

Seleksi CPNS 2021 ini pemerintah akan menggunakan satu portal pendaftaran untuk 3 kategori rekrutmen, yaitu CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK.

2. Tidak perlu mengunggah dokumen

Peserta seleksi CPNS 2021 tidak perlu mengunggah dokumen seperti seleksi tahun sebelumnya. Data dari SSCASN akan langsung terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) di Dukcapil, data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), data STR di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga akses data ijazah di Kementerian Ristekdikti.

Oleh karena itu, pastikan NIK kamu terdaftar di Dukcapil. Nik ini juga nantinya bakal diperlukan untuk kebutuhan administrasi lainnya saat seleksi CPNS 2021.

3. Tidak perlu membuka masing-masing portal instansi

Untuk mengetahui formasi yang dibuka pada seleksi CPNS sebelumnya, peserta harus membuka satu per satu instansi dan atau kementerian guna mengetahui informasi yang dibuka.

Namun, seleksi CPNS 2021 ini memudahkan peserta untuk mendapat informasi tersebut melalui portal SSCASN.

4. Fitur pemindai wajah

Fitur pemindaian wajah ini digunakan untuk mencegah adanya calo di seleksi CPNS 2021. Fitur pemindai wajah ini baru ditambahkan pada seleksi tahun ini.

5. Hasil tes CPNS 2021 dapat dipantau dari mana saja

Karena masih mengalami kondisi pandemi Covid-19, panitia seleksi memudahkan peserta untuk mengakses hasil ujian secara langsung melalui channel YouTube BKN.

Hal tersebut bertujuan agar peserta tidak berkerumun di lokasi ujian. Kabar baiknya, peserta yang terpapar Covid-19 akan diberikan sarana ujian khusus hingga tetap berkesempatan mengikuti seleksi CPNS 2021.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

Sejumlah dokumen yang harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi CPNS dan PPPK 2021 pada dasarnya sama dengan persyaratan pada rekrutmen ASN tahun sebelumnya. Beberapa dokumen utama yang perlu disiapkan antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

  • Ijazah dan Transkrip nilai

  • Pasfoto

  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar (Icheiko Ramadhanty/Fira Nursyabani)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar